Vespa Produksi Indonesia Bisa Dibeli Mulai Akhir 2022

0
627

Vespa yang diproduksi di pabrik baru Piaggio Group di Indonesia bakal mulai dijual pada akhir 2022 di dalam negeri menurut pernyataan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita. Produksi ini bakal dilakukan setelah pembangunan pabrik itu selesai pada kuartal empat 2022.

Peletakan batu pertama pabrik baru Vespa yang terletak di kawasan industri Jababeka di Cikarang, Jawa Barat telah dilakukan pada Selasa (9/11). Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas enam hektar dengan kapasitas tahunan ditargetkan 10 ribu unit.

Pabrik ini khusus untuk merakit produk Vespa dan akan mengulang lagi sejarah perakitan Vespa pada 1970-an di Jakarta.

“Sepeda motor yang dirakit di pabrik ini dijadwalkan bisa meluncur pada akhir 2022,” ujar Agus, diberitakan Antara, Selasa (9/11).

Agus berpesan Piaggio Indonesia, pemegang merek Vespa, Piaggio, Aprilia, dan Moto Guzzi, dapat melibatkan sebanyak-banyaknya industri komponen skala kecil dan menengah sebagai bagian rantai pasoknya.

Agus optimistis perakitan Vespa di Indonesia ini bisa menjadi salah satu produk unggulan kebanggaan Indonesia. Dia juga berharap Piaggio menjadikan pabrik ini sebagai basis produksi ke dunia.

“Tidak lupa kami juga mendorong agar Piaggio dapat melakukan pengembangan teknologi elektrifikasi sepeda motor serta menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan hub ekspor sepeda motor ikonik Italia dari Indonesia ke dunia,” kata Agus.

Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega mengatakan Indonesia adalah penggemar Vespa terbesar kedua di dunia setelah Italia. Pendirian pabrik Vespa menjadi babak baru bisnis perusahaan yang berdiri pada 2011 ini.

“Kami percaya proyek ini akan memperkuat kontribusi PT Piaggio Indonesia di sektor otomotif, serta meningkatkan pengalaman dan keterikatan terhadap merek kami,” ucap Marco.

Sumber : CNN [dot] COM