Kekurangan iPhone 13 Dibanding Smartphone Android

0
472
Fitur terbaru dari Iphone iOS 13
Fitur terbaru dari Iphone iOS 13

Apple akhirnya merilis jajaran baru iPhone 13 pada September lalu. Lini tersebut membawa perubahan seperti dari kameranya dan daya tahan baterai.

Namun inovasi Apple terkesan tertinggal dari sejumlah vendor Android. Seperti desain, fitur, bahkan inovasi biometriknya yang belum tersedia di iPhone.

Berikut kekurangan iPhone 13 dari Android, dikutip dari Cnet, Kamis (18/11/2021):

1. Notch

Apple memperkenalkan desain notch mulai dari iPhone X. Lalu pada iPhone 13 tidak ada perubahan dari desainnya namun hanya ukurannya saja yang lebih mengecil dari iPhone 12.

Namun Android membuat inovasi dengan membabat desain notch dan menghadirkan desain lubang kecil untuk kamera depan. Ini terlihat di beberapa ponsel Samsung, Google dan OnePlus.

2. Fitur always-on-display

Layar iPhone akan berubah menjadi gelap dalam keadaan tidak aktif. Ini berbeda dengan smartphone Android terbaru yang menunjukkan waktu ataupun tanggal saat layar tidak aktif.

3. Kemampuan Mengisi Baterai dari Perangkat Lain

Sejumlah ponsel Android memiliki kemampuan untuk mengisi baterai di perangkat lain. Seperti smartwatch atau wireless earbuds yang bisa dicharge di ponsel. Ponsel bagian belakang bisa berfungsi sebagai bantalan pengisian daya nirkabel untuk produk yang kompatibel dengan standar pengisian daya nirkabel Qi.

Kemampuan ini sudah ada di layanan Samsung Galaxy S21,S20 dan S10 serta Google Pixel 5. Sementara iPhone 12 dan iPhone 13 memiliki pengisian baterai MagSafe.

4. Fingerprint di Layar

iPhone baru menawarkan fitur Face ID. Namun ini tidak akan berhasil saat menggunakan masker.

Android mengambil pendekatan berbeda dengan menggunakan pemindai fingerprint di layar. Misalnya Samsung yang sudah ada fitur tersebut sejak Galaxy S10 debut tahun 2019 lalu.

5. Charger Kompatibel untuk Mac dan Perangkat non-Apple

iPhone masih menggunakan port lightning untuk charging. Bisa juga menggunakan charger Magsafe atau charger wireless Qi.

Sayangnya memang Apple tak pernah mengubah iPhone mendukung charger dengan USB-C. Padahal port tersebut sudah menjadi standard untuk perangkat lain seperti iPad Air, Macbook ataupun iPad Mini teranyar.

Sementara sebagian besar ponsel Android sudah menggunakan USB-C untuk mengisi baterai.