Masker N95 Disebut yang Paling Efektif Cegah Varian Omicron

0
458

Dengan kemunculan varian omicron, masyarakat diminta untuk tetap tertib memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan lainnya. Namun masker apa yang paling cocok untuk mencegah omicron?

“Dengan tingkat penularannya yang tinggi, Omicron telah benar-benar mengubah cara kita perlu melindungi diri kita sendiri dari penyakit ini,” kata Mohammad Sobhanie, seorang dokter penyakit menular di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio dikutip dari Time.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences memperkirakan bahwa risiko penularan Covid-19 dapat dikurangi hingga 75 kali lipat ketika orang sakit dan seseorang di dekatnya sama-sama mengenakan masker gaya N95.

Penelitian lain yang diterbitkan pada 2021 dalam NCBI menyebutkan bahwa penggunaan masker N95 mengurangi separuh risiko petugas kesehatan terkena Covid-19, dibandingkan dengan masker bedah.

Ada banyak alasan mengapa N95 disebut yang paling efektif untuk mencegah omicron, salah satunya adalah karena filtrasi 95 persen partikel udara dan juga fit di wajah sehingga tak ada celah.

Hanya saja tak dimungkiri kalau memakai masker N95 juga terasa kurang nyaman, baik saat dipakai lama ataupun nyaman di kantong.

Emily Sickbert-Bennett, direktur pencegahan infeksi di UNC Medical Center mengungkapkan jika masker ini benar-benar tak bisa dilakukan maka yang paling penting adalah memakai masker dengan cara yang benar dan konsisten.

“Efektivitas masker adalah kombinasi dari bagaimana bahan menyaring dan bagaimana masker itu cocok dengan wajah Anda,” kata Sickbert-Bennett.

Masker harus pas di wajah Anda tanpa celah yang signifikan di bagian samping, atas atau bawah.

Perbaikan sederhana-seperti mengikat simpul telinga pada masker bedah untuk mengencangkannya, atau mengenakan masker kain di atas masker bedah untuk menutupi lebih banyak wajah Anda-dapat meningkatkan perlindungan, katanya.

Menambahkan Bennett, Sobhanie mengungkapkan bahwa Anda juga membutuhkan masker yang berbeda di tempat yang berbeda.

“Jika Anda berada di area yang penuh sesak, maka Anda mungkin ingin menggunakan masker KN95 atau N95,” katanya.Tetapi untuk pengaturan berisiko rendah, seperti berbelanja cepat di toko yang tidak ramai, masker bedah mungkin bisa dipakai.”

Sumber : CNN [dot] COM