Toyota AE86 Selundupan Terjual Lebih dari Rp1 M dalam Lelang

0
470

Toyota AE86 atau bernama lengkap Sprinter Trueno sukses terjual dalam lelang yang digelar Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Pontianak dengan nilai Rp1,036 miliar.

Bakal mobil legendaris yang gagal diselundupkan ke Indonesia ini dilelang dengan mekanisme e-auction open bidding melalui lelang.go.id pada Kamis (3/2).

“Lelang hari ini sangat menggembirakan,” ucap Pejabat Lelang KPKNL Pontianak, Juana seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Minggu (6/2).

“Selain berhasil mencapai harga yang fantastis, juga senang sekali melihat antusias dan usaha para peserta lelang dalam menaikkan harga setinggi-tingginya untuk mendapatkan mobil yang memang tidak dijual di Indonesia ini,” lanjutnya.

Sesuai ketentuan, pemenang diberikan jangka waktu selama lima hari kerja untuk melakukan pelunasan. Selanjutnya, hasil dari lelang tersebut akan disetor ke kas negara sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Mobil ini merupakan hasil tangkapan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C (KPPBC TMP C) Nanga Badau atas pelanggaran Pasal 102(B) Undang-undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Kepabeanan.

Mobil tersebut diketahui telah dicoba diselundupkan ke Indonesia melalui perbatasan Negara dengan Malaysia di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Nanga Badau di Kalimantan Barat.

AE86 merupakan mobil konfigurasi mesin depan dan penggerak roda belakang yang diproduksi Toyota mulai 1983. Produksinya dilakukan di pabrik Takaoka di Jepang yang dikelola Kanto Auto Works.

Mobil ini populer pada ajang balap mobil produksi massal serta reli grup A dan grup N. Kemudian pamornya semakin mencuat sejak muncul pada manga Initial D (1995-2013) sebagai mobil tukang tahu.

Sprinter Trueno punya dua pilihan mesin, yaitu 3A-U 1.500 cc dan terbaru pada saat itu 4A-GEU 4-silinder segaris 1.600 cc DOHC 16 katup. Tenaga mobil ini dapat mencapai 128 hp dengan torsi 149 Nm.

Ada dua pilihan bodi Sprinter Trueno, yaitu coupe 2-pintu dan liftback 3-pintu. Toyota juga punya versi lain mobil ini, Corolla Levin, yang dijual di jaringan dealer berbeda dari Sprinter Trueno di Jepang.

Mobil ini yang kemudian menjadi inspirasi Toyota melahirkan mobil sport 86 dn dikembangkan bersama Subaru.

Sedangkan di Indonesia, AE86 telah menjadi buruan kolektor dan peredarannya tergolong misterius, serta ‘harganya ‘gelap’ atau tergantung dari kesepakatan antara pedagang dan pembeli.

Sumber : CNN [dot] COM