5 Cara Membersihkan Interior Mobil yang Berjamur

0
645

Jamur yang muncul di interior mobil tidak hanya mengurangi keindahan dan kebersihan, tetapi juga buruk bagi kesehatan. Bahkan jamur hitam atau Stachybotrys Chartarum dan Chlorohalonata buruk bagi kesehatan karena dapat membuat Anda sesak napas hingga sakit kepala.

Ada sejumlah cara membersihkan interior mobil yang berjamur yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana.

Penyebab utama munculnya jamur di mobil karena kendaraan terus didiamkan dalam kondisi lembap.

Pemicu kendaraan menjadi lembap banyak, salah satunya jendela yang rusak sehingga interior mobil terkena hujan. Penyebab lainnya bisa karena ada cairan yang tumpah dan tidak langsung dibersihkan.

Jamur hanya butuh sedikit kelembapan untuk tumbuh. Mereka pun hanya perlu beberapa hari untuk berkoloni.

Jika ada bagian mobil Anda yang sudah ditumbuhi banyak jamur, terkadang hal itu akan sangat sulit dihilangkan. Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah membawanya ke pencucian mobil yang terbaik. Tentunya hal ini bisa menguras isi dompet.

Namun, dalam kondisi yang tidak terlalu parah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jamur tersebut.

Cara Membersihkan Interior Mobil yang Berjamur

auto car worker and mechanic cleaning a cars window with special tool for scratches and wiper

Berikut ini cara membersihkan interior mobil yang berjamur beserta pencegahannya dilansir dari Autoguide:

1. Jemur mobil

Pindahkan mobil Anda dari tempat teduh dan ke bawah sinar matahari langsung selama lebih kurang 20 menit. Buka semua jendela dan pintu. Cara ini akan membantu mengurangi kelembapan di mobil sehingga jamur tidak tumbuh lagi.

2. Cek seluruh bagian mobil

Periksa semua bagian mobil untuk memastikan tidak ada titik-titik jamur lain yang akan berkembang.

Berbagai item yang bisa Anda periksa secara detail meliputi kursi, karpet, lantai, sabuk pengaman, dan sudut-sudut di bagian bawah mobil.

Jika memungkinkan, buka ritsleting penutup kursi dan periksa busanya. Hal ini untuk memastikan tidak ada jamur yang menyebar ke bagian dalam jok.

Berikut 5 cara membersihkan interior mobil yang berjamur, penyebab jok mobil berjamur, dan pencegahan agar jamur tidak datang lagi.

3. Semprotkan cuka untuk membasmi jamur

Salah satu cara menghilangkan jamur di mobil yang paling efektif, alami, dan murah adalah dengan cuka putih atau white vinegar. Cuka putih kini dapat dengan mudah Anda dapatkan secara daring.
Siapkan cuka putih, botol semprot, dan kain lap. Campurkan 80 persen konsentrasi cuka putih dengan 20 persen air, lalu kocok beberapa saat hingga merata.

Jika jamur di salah satu bagian mobil sudah terlalu banyak, jangan ragu untuk menyemprotkan larutan cuka putih dengan jumlah yang lebih banyak. Lalu, gosok dengan kain lap. Setelah itu, jemur mobil selama 20 menit lagi.

Sayangnya, metode ini akan meninggalkan bau cuka yang sangat kuat. Terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkannya.

Jika Anda memiliki penyedot debu, gunakan alat tersebut untuk menyedot sisa cuka dari jok atau bagian kain lainnya.

Anda juga dapat menaburkan boraks pada bagian mobil yang berjamur untuk menghilangkannya. Baunya akan menyengat, tetapi hal ini efektif menghilangkan jamur.

4. Pasang penyerap kelembapan

Setelah jamur di mobil hilang, Anda dapat memasang dehumidifier atau penyerap kelembapan.

Jika Anda tidak memilikinya, rutinlah menjemur mobil di bawah sinar matahari dan udara segar.

5. Gunakan pasta gigi

Jika jamur tumbuh di kaca jendela, Anda dapat menggunakan pasta gigi untuk mengatasinya.

Caranya, oleskan pasta gigi seperlunya, lalu lap memutar dengan kain kering. Setelah itu, bilas hingga bersih dengan air.

Demikian cara membersihkan interior mobil yang berjamur secara alami yang murah dan mudah. Jangan biarkan kendaraan lembap karena akan berdampak pada kesehatan Anda dan penumpang.

Sumber : CNN [dot] COM