Sebuah asteroid yang ditemukan melaju di orbit Bumi memiliki lebar sekitar 1,2 km mungkin tetap menjadi bertengger di planet kita setidaknya selama 4.000 tahun lagi tanpa menimbulkan bahaya, kata para ilmuwan, Selasa (2/2).

Menggunakan teleskop di Chili, Arizona, dan Kepulauan Canary, para peneliti memberikan deskripsi paling komprehensif tentang asteroid, bernama 2020 XL5 dan pertama kali terdeteksi dua tahun lalu. Mereka menegaskan itu adalah salah satu dari hanya dua asteroid Trojan yang mengembara sebagai pendamping Bumi.

Asteroid Trojan dapat menjadi pengembara di tata surya – seperti yang terlihat pada kasus ini – atau material yang tersisa dari pembentukan planet asal mereka. Mereka menjadi terjerat oleh cengkeraman gravitasi planet dan kemudian mengorbit matahari di sepanjang jalur yang sama dengan planet itu.

“2020 XL5 tidak menimbulkan ancaman bagi Bumi. Kami berharap itu akan tetap berada di orbit stabil saat ini setidaknya selama 4.000 tahun ke depan,” kata ilmuwan teleskop dan rekan penulis studi Cesar Briceño dari NOIRLab National Science Foundation AS.

Lokasinya bervariasi antara sekitar 90 juta km dan 270 juta km dari Bumi.

Asteroid menempati salah satu dari lima yang disebut titik Lagrange – posisi di ruang angkasa di mana objek cenderung tetap diam. Kelima lokasi ini memungkinkan orbit yang stabil karena gaya gravitasi Bumi dan matahari yang bersaing. Asteroid yang ini berada di titik L4.