Disney Ikut Antre Masuk Ke dalam Dunia Metaverse, Mau Mengikuti Jejak Facebook, Kah?

0
394

Disney nampaknya bakal jadi perusahaan berikutnya yang siap menggarap Metaverse. Namun bos Disney, Bob Chapek tidak merinci bagaimana bentuk dunia virtual itu nantinya.

Menurutnya di masa depan inovasi memadukan pengalaman fisik dan digital memang jadi unggulan. Pengalaman tipe pasif yang mengandalkan dari menonton saja.

“Kami sadar bahwa di masa depan, Anda bisa menyebutkan apapun yang diinginkan, Anda ingin menyebutnya Metaverse, Anda ingin menyebutnya sebagai perpaduan antara pengalaman fisik dan digital, yang menurut saya harus dikedepankan oleh Disney,” jelas Chapek dikutip dari The Verge, Kamis (10/2/2022).

“Kami menyadari itu akan menjadi pengalaman pasif saat Anda hanya memutar kembali, apakah itu acara olahraga atau apakah itu layanan hiburan dan lebih dari pengalaman tipe yang interaktif, ramping dan terlibat secara aktif”.

Chapek juga menambahkan inovasi produk merupakan hal yang paling utama untuk perusahaannya.

Disney akan jadi perusahaan berikutnya yang menyatakan siap masuk ke Metaverse. Dunia virtual itu memang jadi hot topic di berbagai perusahaan dalam beberapa bulan terakhir.

Ini makin menjadi perbincangan hangat setelah Facebook mengganti nama menjadi Meta dan menyatakan fokus perusahaan pada Metaverse.

Sementara itu, dalam earning call Disney Chapek mengatakan program olahraga menjadi bagian penting dari strategi streaming perusahaan. Seraya juga menggembar-gemborkan keberhasilan program di anak perusahaannya ESPN.

“Acara olahraga terus menjadi undian paling kuat di televisi, ada 95 dari 100 siaran langsung yang paling banyak ditonton tahun 2021. Dan ESPN sekali lagi menetapkan standar dalam kuartal ini dengan pertandingan langsung di empat olahraga utama AS kami,” kata Chapek.

Disney juga akan menambahkan program alternatif untuk UFC, golf serta sepak bola kampus selama tiga tahun ke depan.

Chapek mengatakan Disney tak akan hanya berfokus pada perolehan hak siar pertandingan olahraga. “Sementara televisi dan multi-platform akan terus menjadi fondasi liputan olahraga untuk waktu dekat, kami percaya peluang The Walt Disney Company melampaui saluran itu,” jelasnya.

“Ini akan meluar ke olahraga, game, dan Metaverse. Faktanya hal tersebut yang membuat bersemangat, kesempatan membangun mesin olahraga yang mirip pada waralaba flywheel yang memungkinkan penonton mendapat pengalaman, terhubung dan menjadi aktif dengan acara olahraga, cerita, tim, dan pemain”.