Cara Mengganti Minyak Rem Mobil Secara Mandiri

0
335

Rem menjadi salah satu faktor keselamatan dalam berkendara. Pengguna perlu tahu cara mengganti minyak rem mobil agar terhindar dari kerusakan mesin yang mengancam keselamatan.

Minyak rem mungkin tidak termasuk sebagai salah satu komponen penting dalam mobil. Namun, minyak rem punya peran dalam mengontrol kecepatan dalam berkendara.

Mengutip Garda Oto, pada dasarnya, minyak rem berfungsi untuk melumasi komponen logam, di antaranya cakram dan kampas. Keduanya diketahui bergesekan untuk menghentikan atau mengurangi kecepatan mobil.

Cara kerja minyak rem bisa didapatkan dari gesekan di antara cakram dan kampas. Gesekan membuat kedua komponen tersebut menjadi aus.

Namun, dengan adanya minyak rem, gesekan antara cakram dan kampas akan lebih tahan terhadap panas dan tak membuatnya jadi aus.

Untuk itu, penting juga tampaknya mengganti minyak rem secara berkala agar rem mobil bisa berjalan dengan maksimal.

Cara Mengganti Minyak Rem Mobil

ilustrasi pedal mobil

Pengguna disarankan untuk mengganti minyak rem mobil setiap dua tahun sekali atau ketika jarak tempuh telah mencapai angka 20 ribu kilometer. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan saat akan mengganti minyak rem mobil.

Berikut cara mengganti minyak rem mobil, mengutip Auto 2000.

  1. Parkirkan kendaraan di tempat yang aman dengan permukaan rata. Posisi yang tidak sesuai akan menyulitkan proses penggantian;
  2. Kendurkan semua baut roda, lalu angkat mobil menggunakan dongkrak;
  3. Lepas seluruh baut roda dan taruh di tempat yang aman;
  4. Buka penutup reservoir penampung minyak rem. Penutup ini biasanya terletak di depan booster rem;
  5. Masukkan kunci ring dan selang ke nepel brake yang ada di kaliper rem, kemudian hubungkan dengan penadah yang ada di bawahnya;
  6. Putar nepel brake dengan kunci ring. Perlahan minyak rem akan keluar;
  7. Untuk mempercepat proses pengurasan minyak, injak pedal rem berkali-kali. Namun, jangan sampai minyak rem yang ada di dalam reservoir habis, supaya udara tidak terjebak masuk ke bagian dalam sistem rem;
  8. Mulai tambahkan minyak rem ke dalam reservoir, lakukan penginjakan pedal rem lagi;
  9. Perhatikan minyak rem dalam selang. Jika warnanya cerah atau terlihat bening, maka berarti minyak rem telah terganti;
  10. Jika sudah selesai, segera tutup nepel brake menggunakan kunci ring;
  11. Pasang kembali roda dan kencangkan baut.

Sebagai catatan , dalam beberapa kasus, proses ini membuat minyak rem tak sengaja mengenai bodi mobil. Jika demikian, maka segera siram dengan air agar tidak merusak cat.

Sumber : CNN [dot] COM