6 Manfaat Hebat Jalan Kaki Tiap Hari, Cukup 10 Menit

0
487

Masih bingung menentukan menu latihan atau olahraga? Jalan kaki saja! Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas olahraga yang mudah, sederhana dan paling murah di antara jenis olahraga lain.

Kelihatannya memang sepele, tetapi ternyata jalan kaki punya segudang manfaat buat tubuh.

Selain itu, Anda tidak harus menginvestasikan waktu panjang untuk tiap sesinya. Anda cukup jalan kaki 10 menit per hari untuk merasakan berbagai manfaat berikut.

1. Mengurangi risiko kematian dini

Menurut otoritas kesehatan Public Health England (PHE) dan Royal College of GPS, jalan cepat 10 menit per hari dapat mengurangi risiko kematian dini hingga 15 persen.

Jalan cepat berarti aktivitas jalan kaki lebih cepat dari jalan kaki biasa tetapi Anda masih bisa mengobrol. Muir Gray, dokter dan profesor di Inggris, menyarankan jalan kaki 10 menit atau lebih untuk orang dari berbagai kalangan atau usia.

“Saya akan menyarankan siapapun dari segala usia dan tingkat aktivitas untuk mulai dilakukan setidaknya 10 menit jalan cepat sehari sebagai cara sederhana untuk menjadi lebih aktif, terutama mereka yang mungkin minum obat untuk kondisi kesehatan jangka panjang,” ujar Gray, mengutip dari Eat This, Not That!.

2. Lebih fokus

Sebuah studi menemukan jalan cepat selama 10 menit membuat otak lebih sehat dan pikiran lebih fokus. Studi yang diterbitkan di Proceedings of the National Academy of Sciences meminta partisipan untuk jalan cepat selama 10 menit.

Hasil studi menunjukkan, partisipan menunjukkan kinerja memori jauh lebih baik dan fokus pada tes kognitif.

Masih bingung menentukan menu latihan atau olahraga? Jalan kaki saja! Ada segudang manfaat jalan kaki buat kesehatan.

3. Bakar kalori

Jalan kaki sekilas tidak banyak mengeluarkan energi sehingga jarang dimasukkan dalam menu olahraga untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, pemahaman ini kurang tepat. Jalan kaki tetap memerlukan energi sehingga tetap ada kalori yang terbakar.

Dilansir dari Livestrong, orang dengan berat badan sekitar 83 kg bisa membakar 67 kalori berkat jalan kaki 10 menit, sedangkan orang dengan berat badan 70 kg bisa membakar sampai 81 kalori.

4. Aliran darah lebih lancar

Saat jalan kaki masuk ke 6 menit sampai 10 menit, detak jantung akan meningkat hingga sekitar 140 bpm. Kalau kecepatan ditambah, Anda bisa membakar sampai 6 kalori per menit. Namun yang lebih menakjubkan, terjadi kenaikan tekanan darah diimbangi dengan pelepasan bahan kimia yang memperluas pembuluh darah. Dikutip dari Prevention, aliran darah dan oksigen akan lebih lancar mengalir ke otot.

5. Tidur lebih nyenyak

Jalan kaki di halaman rumah sekalipun memungkinkan Anda terpapar cahaya alami matahari. Ini akan sangat berguna untuk aktivitas tidur di malam hari.

“Karena jam kita bekerja lebih lama dari 24 jam, penting untuk mengatur ulang jam tubuh Anda setiap pagi dengan paparan cahaya biru pagi, yang sangat sensitif bagi reseptor kita. Cahaya membantu mengatur ulang jam tubuh internal kita,” jelas Michael Mosley, jurnalis sains.

“Paparan cahaya juga menekan produksi melatonin, hormon yang mendorong kita untuk tidur.”

6. Menurunkan gula darah

Ternyata jalan kaki 10 menit sudah membantu menurunkan kadar gula darah. Sebuah riset yang diterbitkan jurnal Diabetologia menemukan partisipan dengan diabetes tipe 2 bisa menurunkan gula darah berkat jalan kaki 10 menit setelah makan.

Sumber : CNN [dot] COM