Update iOS 15.4, Buka Face ID iPhone Tak Perlu Lepas Masker

0
372

Raksasa teknologi Apple sudah merilis pembaruan perangkat lunak iOS 15.4 pada Senin (15/3). Keunggulan iOS terbaru itu bisa membuka Face ID meski pakai masker sehingga memudahkan transaksi digital lewat ponsel.

Agustinus Leowardi (41), karyawan swasta di Jakarta, mengaku fitur itu sangat membantu ketika hendak melakukan pembayaran di aplikasi, yang meminta kredensial sebagai fitur keamanan.

“Membantu sih kadang kan kalau transaksi [pembayaran ojek online] pasti keamanannya pakai face lock. Biasanya kudu buka masker, nah ini enggak usah dan cepet banget,” ujar Agustinus kepada CNN.com lewat sambungan telepon, Rabu (16/3).

Ia mengaku proses penggunaan terbilang efektif pada masa pandemi Covid-19, jadi pengguna iOS 15.4 enggak usah ribet membuka masker saat membuka kunci ponsel.

Terlebih, saat ini sederet aplikasi pembayaran maupun perbankan banyak yang sudah menyematkan sistem keamanan menggunakan deteksi wajah maupun sidik jari.

Ketika hendak membuka FaceID pakai masker, Agustinus mengaku tak butuh waktu lama. Kurang dari 1 detik, layar ponsel itu disebut sudah terbuka.

“Kedip belum selesai udah kebuka [layarnya],” pungkasnya.

Pembaruan iOS 15.4 boleh jadi update besar terakhir sebelum Apple merilis iOS 16 pada musim gugur mendatang. Update iOS ini sudah tersedia di iPhone, mulai dari iPhone 6S hingga yang terbaru.

Tetapi untuk fitur unlock Face ID menggunakan masker hanya tersedia di iPhone 12 dan iPhone 13. Pilihan fitur Face ID pakai masker tak muncul di ponsel lain.

Bagi Anda pengguna iPhone 12 dan 13, sudah bisa mengaktifkan iOS 15.4, dengan cara berikut:

– Buka Setting atau Pengaturan

– Pilih General atau Umum

– Ketuk opsi Software Update atau Pembaruan Perangkat Lunak

– Apabila muncul opsi untuk mengunduh iOS 15.4 pilih Download dan Instal

Selanjutnya jika Anda ingin mengaktifkan fitur Face ID menggunakan masker, bisa melakukan langkah berikut dikutip situs resmi Apple.

– Buka Pengaturan, lalu ketuk Face ID dan Kode Sandi

– Gulir ke bawah dan aktifkan Face ID dengan masker

– Ketuk Gunakan Face ID dengan masker. Ikuti petunjuk di layar untuk mengatur Face ID menggunakan proses pemindaian wajah

Jika Anda mengenakan masker wajah terlalu tinggi atau terlalu dekat dengan mata, iOS 15.4 mungkin gagal dibuka dengan Face ID. Fitur ini mengharuskan mata Anda untuk terlihat utuh.

Sumber : CNN [dot] COM