Syarat mendapatkan uang dari youtube, berapa si jumlah minimal subscribernya ?

0
453

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang. Termasuk dengan membuat konten dan mengunggahnya di Youtube, tetapi bagaimana caranya?

Dalam laman Support Google, dinyatakan bahwa pengguna bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan mendaftar dan diterima dalam Program Partner Youtube. Tanpa ikut program tersebut, pengguna juga bisa menjadi bagian Pendanaan Youtube Shorts sebagai bagian menerima bonus dari Shorts.

Google memiliki lima cara untuk menghasilkan uang di Program Partner Youtube. Ada pendapatan iklan, langganan channel, galeri merchandisesuper chat & super stickers, dan pendapatan Youtube Premium.

“Setiap fitur memiliki sejumlah persyaratan kelayakan masing-masing selain persyaratan jumlah subscriber dan jumlah penayangan. Jika peninjau kami menganggap bahwa kanal atau video Anda tidak memenuhi syarat, fitur tertentu mungkin tidak tersedia,” tulis laman Support Google, dikutip Rabu (13/4/2022).

“Ketentuan minimum tambahan ini memiliki dua alasan. Yang terpenting adalah karena kami harus memenuhi persyaratan hukum di setiap wilayah tempat fitur tersedia. Selain itu, karena kami ingin memberikan imbalan kepada kreator yang baik, kami harus memastikan bahwa ada konteks yang cukup di kanal Anda. Artinya, kami membutuhkan lebih banyak konten untuk dilihat”.

Berikut penjelasan setiap cara untuk menghasilkan uang dalam program tersebut:

1. Pendapatan Iklan
Persyaratannya berusia minimal 18 tahun atau punya wali sah dengan usia lebih dari 18 tahun yang bisa menangani pembayaran lewat Adsense. Selain itu, disyaratkan membuat konten sesuai untuk memenuhi pedoman konten yang cocok bagi pengiklan.

2. Langganan Channel
Untuk langganan kanal, pengguna disyaratkan berusia minimal 18 tahun. Selain itu, kanal yang dijalankan harus memiliki lebih dari 1.000 subscriber.

3. Galeri Merchandise
Sementara itu, Galeri Merchandise, pengguna disyaratkan berusia minimal 18 tahun dan punya lebih dari 10 ribu subscriber.

4. Super Chat & Super Stickers
Pengguna harus memenuhi syarat usia minimal 18 tahun. Selain itu, tinggal di negara ataupun wilayah tempat Super Chat tersedia.

5. Pendapatan Youtube Premium
Pada cara terakhir ini, Google memiliki syarat pengguna untuk membuat konten yang ditonton oleh para pelanggan Youtube Premium.