Mengenal apa itu yang namanya router ?

0
322
router-internet_169
router-internet_169

Penasaran tidak bagaimana Anda bisa terhubung dengan internet? router jadi salah satu perangkat yang berperan penting dalam proses menghubungkan jaringan internet. Proses ini dikenal juga sebagai routing. Karena tanpa proses tersebut, perangkat anda tidak akan bisa berselancar di dunia maya.

Apa itu Router dan apa fungsinya?

Router adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan paket data dari jaringan internet ke perangkat lain melalui proses routing. Router berfungsi untuk mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju. Nantinya, router memungkinkan beberapa perangkat untuk menggunakan koneksi internet yang sama.

Selain mengelola lalu lintas antar jaringan dan membagikan koneksi internet ke beberapa perangkat lain, router juga memiliki fungsi lain seperti:

1. Menghubungkan jaringan ke DSL

Fungsi lain router adalah untuk menghubungkan jaringan lokal ke koneksi DSL (digital subscriber line). Biasanya, DSL router juga berfungsi sebagai firewall yang akan melindungi data Anda dan meningkatkan cyber security agar jaringan internet lebih aman.

2. Mentransmisikan Informasi

Router juga memiliki fungsi lain untuk mentransmisikan informasi dari ke jaringan lain. Router dapat menjembatani akses internet dengan sistem kerja networking bridge agar data dari suatu jaringan bisa dipakai oleh jaringan lain.

3. Membaca alamat IP

Router dapat membaca sumber dan tujuan alamat IP. Pembacaan alamat ini yang nantinya dapat menentukan routing dari satu node ke node lainnya dalam suatu jaringan.

4. Menyaring paket data

Selain mentransmisikan informasi, router bisa juga untuk memfilterisasi paket data yang beroperasi pada suatu jaringan internet.

Proses filtrasi tersebut akan mendukung kinerja jaringan internet dan mencegah perlambatan koneksi internet akibat trafik yang besar.

Saat ini, jaringan internet di Indonesia sudah menjadi kebutuhan primer baik untuk lingkungan perumahan, perkantoran, sekolah maupun area-area publik lainnya. Bahkan sekarang ini, masyarakat yang tinggal di pedesaan juga sudah dapat menggunakan internet untuk mendukung aktifitas sehari-harinya.

Namun sebelum membeli salah satu router, ada baiknya Anda perlu mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

1. Pilihlah router wifi yang memiliki jangkauan seluas-luasnya yang mampu menembus sekat-sekat bangunan supaya sinyal internet dapat digunakan secara optimal.

2. Pilihlah router sesuai dengan keperluan Anda dan kemampuan finansial Anda, apakah router untuk kebutuhan kantor, sekolah, atau rumah Anda?

3. Pilihlah router yang dapat kompatibel untuk semua tipe perangkat.untuk memaksimalkan penggunaan internet.