7 Cara Mengatasi WhatsApp agar Tidak Lemot saat Digunakan

0
459

Pengguna mungkin pernah mengalami aplikasi WhatsApp (WA)-nya lambat alias lemot saat dibuka maupun digunakan.

Cara mengatasi WhatsApp agar tidak lemot sebenarnya mudah saja. Penyebab WA lemot beragam, namun sering kali dipengaruhi oleh performa ponsel atau sistem aplikasi yang belum diperbarui.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut langkah-langkah yang dapat Anda coba untuk mengatasi WhatsApp lemot.

1. Hapus pesan WhatsApp

Jumlah pesan dalam ruang obrolan WhatsApp Anda bisa dipastikan lebih dari satu. Selain itu, di dalamnya juga memuat file foto serta video dengan berbagai ukuran.

Terlebih jika di aplikasi tersebut mempunyai banyak grup tidak hanya satu. Semakin menumpuk pesan dan file multimedia, maka performa WhatsApp akan berkurang.

Cara mudahnya Anda tinggal pilih beberapa pesan WhatsApp di ruang obrolan yang sekiranya sudah tidak penting dan layak dihapus supaya WhatsApp kembali lancar.

2. Clear cache

WhatsApp

Selain pesan tulisan, cache yang dibiarkan menumpuk juga membuat sistem WhatsApp jadi lambat. Cache atau tembolok merupakan penyimpanan sementara data yang kemungkinan besar akan digunakan lagi oleh pengguna.

Idealnya, Anda perlu rutin membersihkan cache di ponsel setiap 2 hari sekali atau seminggu sekali.

Caranya buka pengaturan di ponsel, pilih Apps, klik Manage Apps, cari aplikasi WhatsApp, pilih clear data di menu paling bawah supaya ruang penyimpanan lebih lega dan aplikasi tidak gampang lemot.

3. Update WhatsApp versi terbaru

Cara mengatasi WhatsApp agar tidak lemot selanjutnya yaitu memastikan bahwa aplikasi yang digunakan adalah versi terbaru. Perlu diketahui, WhatsApp selalu melakukan pembaruan sistem untuk memaksimalkan performa dan menghilangkan bug yang ada di versi sebelumnya.

Anda dapat memperbarui WhatsApp melalui App Store atau Google Play Store dan biasanya selalu ada pemberitahuan yang masuk ke ponsel, jika memang diperlukan untuk update.

4. Bersihkan RAM ponsel

RAM di ponsel sangat memungkinkan menjadi cepat penuh. Terutama jika Anda menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan sekaligus. Selain memengaruhi WhatsApp jadi lemot, performa aplikasi lainnya juga berpotensi tidak responsif.

Pengguna smartphone tentunya bisa memanfaatkan fitur bawaan RAM Cleaner supaya ponsel kembali bersih dan tidak mudah lambat.

5. Gadget harus kompatibel

Ilustrasi handphone

Jangan dianggap sepele, gadget kurang kompatibel juga bisa memengaruhi WhatsApp jadi lambat. Gadget yang memiliki sistem sudah lawas kemungkinan besar sudah tidak mampu lagi melakukan pembaruan aplikasi.

Ketika gadget tersebut benar-benar tidak kompatibel, tentu dampaknya terasa pada performa ponsel yang melambat secara keseluruhan.

6. Uninstall lalu install ulang WhatsApp

Alternatif lain supaya WhatsApp bebas lemot yaitu melakukan uninstall aplikasi atau menghapusnya. Kemudian setelah berhasil dihapus, Anda dapat install ulang melalui App Store atau Google Play Store.

Cara tersebut akan membantu membersihkan cache, RAM, sekaligus memperbarui WhatsApp ke versi paling terbaru.

7. Restart ponsel

Restart merupakan fitur yang dapat membantu menyegarkan kembali sistem operasi di ponsel atau hp. Ketika dilakukan restart, hp akan memuat ulang atau loading sistem. Seluruh file sementara dan sampah yang tidak digunakan akan terhapus.

Ketika hp kembali dinyalakan, sistem akan bekerja lebih ringan. Cara mengatasi WhatsApp agar tidak lemot dengan restart ini cukup membantu karena membersihkan cache serta RAM secara sekaligus.

Dengan begitu, apabila menjalankan aplikasi di ponsel mulai terasa lambat, maka bisa langsung di-restart supaya sistemnya segar kembali.

Sumber : CNN [dot] COM