Kebun Sayur Ditengah Gurun Dibangun Oleh Dubai, luasnya 3 Hektare.

0
465
Ilustrasi tanaman. Puya Raimondii yang ada di Kebun Raya Dublin berbunga Foto: REUTERS/JOSEPH CAMPBELL

Lahan perkebunan dan pertanian vertikal makin populer sebagai sumber pasokan sayur mayur yang lebih dekat di kota-kota besar. Baru-baru ini, sebuah lahan perkebunan vertikal terbesar dunia dibuka di Dubai, wilayah yang dikelilingi padang pasir tandus.

Crop One Holdings, perusahaan yang spesialisasinya adalah membangun lahan perkebunan vertikal, baru-baru ini mengumumkan kerja sama mereka dengan Emirates Flight Catering, unit bisnis dari maskapai penerbangan Emirates.

Mereka mengumumkan dibukanya Eco 1, fasilitas kebun vertikal dengan luas bangunan 330 kaki persegi (lebih dari 3 hektare), di dekat bandar udara Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab. Fasilitas ini diperkirakan bisa memproduksi hingga 2 juta pounds (sekitar 900.000 kilogram) sayur mayur setiap tahun.

Eco 1 diklaim sebagai lahan perkebunan vertikal paling besar di dunia. Fungsi utamanya adalah menyediakan bahan pangan untuk penumpang pesawat Emirates.

Kerja sama antara Crop One dan Emirates dimulai pada 2018. Kedua perusahaan patungan mendirikan Emirates Crop One dalam kesepakatan yang bernilai US$40 juta.

Eco 1 didesain untuk memanfaatkan air 95% lebih sedikit dari lahan perkebunan normal dengan produksi harian minimum 3 juta ton. Bahan pangan yang dihasilkan antara lain adalah selada, arugula, bahan hidangan selada campur, dan bayam.

Selain itu, penduduk Uni Emirat Arab bisa membeli sayuran produksi Emirates Crop One yang dijual dengan merek Bustanica. Perusahaan memastikan sayur yang dihasilkan di Dubai bebas dari pestisida, herbisida, dan produk kimia lainnya.

“Kami bangga membawa teknologi terbaik Crop One ke fasilitas ini dengan mitra kami,” kata Craig Ratajczyk, CEO Crop One dalam siaran pers, yang dikutip pada Jumat (22/7/2022).

Emirates Crop One adalah fasilitas perkebunan vertikal kedua dari Crop One, setelah fasilitas perdana mereka di Millis, Massachusetts, Amerika Serikat. Selain fasilitas milik Crop One, lahan perkebunan vertikal raksasa lain adalah Bowery Farms di Pennsylvania, Amerika Serikat.

Bowery Farms diperkirakan memiliki luas lahan vertikal sebesar 156.000 kaki persegi (1,5 hektare). Selain itu, ada Upward Farms yang memiliki luas 250.000 kaki persegi (sekitar 2,3 hektare) yang rencananya baru dibuka pada pertengahan 2023 di Pennsylvania.