Covid Omicron Punya Gejala Baru yang Terlihat di Mata, Cek

0
385
Sejumlah fakta Omicron dihimpun, untuk mengetahui asal-usul, gejala, dan tingkat penularan varian baru Covid-19 ini. (Foto: REUTERS/DADO RUVIC)

Gejala baru ditemukan pada mereka yang terkena varian Covid-19 Omicron. Selain batuk dan demam, ada juga yang melaporkan memiliki gejala di bagian mata.

Temuan ini berasal dari sebuah penelitian dari jurnal BMJ Ophthalmology. Studi menggunakan 83 subyek yang menanyakan terkait gejala Covid-19 di mata.

Laporan penelitian menemukan gejala paling umum pada mata adalah fotofobia, mata perih, dan mata gatal. Sebagai informasi, fotofobia merupakan gambaran kepekaan cahaya tapi menunjukkan tidak nyaman. Gejala tersebut ternyata dirasakan oleh sebagian besar peserta, dikutip dari Times of India, Kamis (22/9/2022).

Gejala umum dan sakit umum paling signifikan yang ditemukan adalah sensitivitas cahaya. Penelitian juga menemukan gejala terkait mata lain adalah penglihatan kabur dan merah serta mata merah.

  Gejala Covid-19 pada mata ditemukan pada pria dan wanita. Ada 81% peserta mengalami gejala mata pada 2 minggu setelah gejala lain muncul, sedangkan 80% melaporkan gejala mata dirasakan kurang dari dua minggu.

Penelitian itu mengidentifikasi konjungtivitis sebagai Covid-19. Gejala tersebut adalah peradangan konjungtiva atau selaput tipis di bagian kelopak mata.

Seorang wanita berusia 29 tahun diperiksa saat masuk rumah sakit bulan Maret 2020. Wanita tersebut memiliki gejala pernapasan minimal terkait Covid-19 namun kasus konjungtivitas yang parah.

Gejala Covid-19

Pasien Covid-19 mengalami sjeumlah tanda dan gejala lain saat terinfeksi. Berikut beberapa gejala lainnya:

  1. Sakit badan
  2. Sakit kepala
  3. Sakit tenggorokan
  4. Hidung tersumbat atau berair
  5. Kehilangan selera makan
  6. Diare
  7. Suhu tinggi
  8. Batuk baru dan terus menerus
  9. Kehilangan atau perubahan indera perasa atau penciuman
  10. Sesak napas
  11. Merasa lelah