11 Cara Mengatasi Hp Android agar Tidak Lemot

0
4231

Masalah hp yang lambat alias lemot bisa terjadi kapan saja. Pengguna ponsel perlu tahu cara mengatasi hp lemot ketika mengalami hal serupa.

Selain itu, hal ini juga penting diketahui agar pengguna tidak mudah mengambil jalan pintas dengan membeli hp baru.

Penyebab hp lemot memang biasanya karena usia pemakaian yang sudah lama sehingga turut menjadi alasan untuk ganti hp. Hal ini membuat kinerja perangkat, sistem, memori, maupun baterai jadi tidak maksimal sehingga lemot.

Namun, terkadang ada penyebab yang cukup sepele dan menjadikan hp Anda lemot. Padahal, hal ini bisa disiasati dengan cara mengatasi hp lemot.

Cara Mengatasi Hp Android Lemot

Berikut ini beberapa cara mengatasi hp lemot yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tutup aplikasi berjalan

Penyebab hp Android lemot bisa saja karena banyak aplikasi yang berjalan dalam satu waktu. Misalnya, Anda membuat aplikasi Instagram, WhatsApp, Twitter, Netflix, sampai YouTube secara bersamaan.

Hal ini membuat sistem operasi hp jadi bekerja ekstra sehingga lemot. Untuk itu, segera tutup aplikasi yang berjalan bersamaan. Lagi pula Anda tak bisa menggunakan banyak aplikasi sekaligus, bukan?

2. Restart hp

Cara mengatasi hp lemot yang paling sederhana adalah dengan melakukan restart hp. Anda bisa mematikan sejenak sistem operasi hp agar beristirahat, lalu baru dinyalakan lagi.

Cara ini dapat mengosongkan cache sehingga ketika dinyalakan pengoperasiannya jadi lebih lancar.

3. Hapus aplikasi tak berguna

Tak hanya menutup aplikasi berjalan, pengguna juga bisa menghapus aplikasi tak berguna untuk selamanya.

Pasalnya, hal ini bisa memakan memori yang kemudian membuat hp jadi lemot. Anda bisa menyortir aplikasi mana saja yang berguna dan tidak, lalu hapus yang tak berguna.

4. Jangan pakai wallpaper bergerak

Beberapa pengguna hp suka menggunakan wallpaper atau tema bergerak. Nyatanya, hal ini memperlambat operasi sistem Android di hp.

Sebaiknya, gunakan wallpaper atau tema yang statis saja agar kinerja hp tidak mudah lemot.

5. Hapus cache aplikasi

Cache yang menumpuk akan menghabiskan banyak ruang dan memori sehingga hp jadi lemot. Untuk itu sebaiknya hapus cache aplikasi yang sedang tidak digunakan.

Cara mengatasi hp lemot karena masalah ini bisa dengan menuju menu Pengaturan, lalu pilih aplikasi dan hapus semua cache di aplikasi-aplikasi tersebut.

6. Matikan sinkronisasi otomatis

Sinkronisasi akun yang berbeda-beda dengan sistem atau aplikasi di hp rupanya juga bisa membuat hp bekerja ekstra.

Tak hanya itu, sinkronisasi otomatis juga menyita kapasitas baterai sehingga mudah habis dalam waktu singkat. Untuk itu, coba matikan sinkronisasi otomatis di hp pengguna.

7. Optimalkan memori

Mengatasi Memori Internal HP Yang Penuh

Selain menghapus aplikasi yang tak berguna, pengguna juga sebaiknya mengoptimalkan memori dengan menyortir data yang tersimpan di hp. Mulai dari foto, video, pesan suara, hingga dokumen-dokumen kerjaan.

Alasannya, karena hal ini menyita kapasitas memori yang juga bisa membuat kinerja hp jadi lebih lambat. Jika sudah disortir, cara mengatasi hp lemot adalah dengan menghapus data yang tak perlu atau menyimpan di tempat penyimpanan lain.

8. Periksa koneksi internet

Terkadang kinerja hp lemot padahal memori masih banyak. Nah, hal seperti ini bisa saja terjadi bukan karena sistem pengoperasian hp, tapi karena sambungan koneksi internet yang digunakan.

Hal ini membuat berbagai aplikasi yang digunakan jadi berjalan lamban. Untuk itu, coba periksa koneksi internet Anda, barangkali WiFi sedang eror atau paket data habis.

9. Update software

Ilustrasi ponsel pintar Android

Cara mengatasi hp lemot berikutnya bisa dengan memperbaharui perangkat lunak alias update software. Sistem perangkat lunak yang lawas mungkin sudah tidak mampu memberi kinerja yang maksimal. Maka dari itu, pakailah software versi terbaru.

10. Pakai launcher pihak ketiga

Sistem operasi Android bisa menjalankan launcher pihak ketiga yang membuat homescreen jadi berbeda dari tampilan bawaan pabrik.

Hal ini bisa membantu ponsel anda memiliki kinerja yang lebih cepat. Beberapa launcher yang bisa dicoba, misalnya Nova Launcher, GO Launcher EX, atau Apex Launcher.

11. Kembali ke setelan pabrik

Jika semua cara sudah dicoba, tapi hp tetap lemot, maka pengguna bisa menggunakan cara mengatasi hp lemot terakhir, yaitu mengembalikan setelan hp ke versi setelan pabrik.

Namun perlu diketahui, hal ini akan membuat semua data hilang, maka dari itu sebaiknya pindahkan dulu data ke tempat penyimpanan lain.

Sumber : CNN [dot] COM