Yogyakarta atau Jogja merupakan kota yang banyak diminati para pelancong sebagai tempat berwisata. Kota yang terkenal dengan keratonnya ini menawarkan beragam pilihan wisata, mulai dari wisata alam, sejarah, dan kuliner yang menarik.
Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja.

Selain gudeg dan batik Jogja yang terkenal, terdapat juga berbagai kudapan dan kerajinan tangan khas Kota Jogja yang wajib untuk dibawa pulang.

Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bakpia

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Yogyakarta yang terkenal. Kudapan yang satu ini sudah ada sejak 1948. Jika Anda ingin membeli bakpia khas Yogyakarta, Anda dapat membelinya di salah satu gerai bakpia yang populer yang ada di Jogja.

Setiap gerai memiliki ciri khasnya tersendiri sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan selera. Jangan lupa untuk memerhatikan ketahanan kue jika ingin membeli untuk oleh-oleh.

Adapun toko-toko bakpia tersebut seperti Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium, dan masih banyak lainnya.

2. Tas rotan

Tas rotan khas Jogja merupakan tas yang terbuat dari rotan yang memiliki pelapis di bagian dalamnya. Uniknya, kain bagian dalamnya tidak polos seperti tas rotan di daerah lain.

Pasalnya, tas rotan khas Jogja menggunakan kain batik sebagai pelapisnya yang menjadi ciri khasnya.

Untuk mendapatkan produk ini, Anda dapat mengunjungi beberapa pusat belanja di Jogja seperti Pasar Beringharjo atau Jalan Malioboro.

3. Geplak

Geplak merupakan makanan khas Bantul, yang terbuat dari paritan kelapa dan gula. Kudapan ini berbentuk bulat dan berwarna-warni.

Jika ingin menjadikan geplak sebagai oleh-oleh, Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh yang berada di Jogja. Biasanya, geplak dijual dalam hitungan gram dengan harga yang terjangkau.

4. Batik

Hampir di setiap sudut kota, Anda dapat menemukan penjual batik, baik di pertokoan besar, butik rumahan, hingga pedagang kaki lima.

Sentra batik yang bagus dan harga yang murah di Jogja dapat Anda temui di sepanjang Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Hamzah Batik yang berada di seberang pasar Beringharjo. Anda juga dapat menjadikan batik sebagai pilihan oleh-oleh khas Jogja.

5. Gudeg

Seperti halnya batik, gudeg begitu melekat erat dengan Jogja. Apalagi beberapa tahun ini, banyak penjual gudeg di Yogyakarta yang membuat inovasi dengan membuat gudeg kaleng.

Gudeg kaleng ini dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang autentik dari Yogyakarta. Dengan membeli makanan ini, Anda tidak perlu merasa takut basi di jalan karena dikemas dalam wadah kedap sehingga lebih tahan lama.

6. Sandal etnik

Sandal merupakan buah tangan yang bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Di Yogyakarta sendiri tidak sulit menemukan penjual sandal.

Anda dapat menemukannya di sepanjang Jalan Malioboro, di sana terdapat deretan pedagang kaki lima yang menjajakan beragam suvenir seperti sandal.

Jika beruntung, Anda dapat menemukan sandal bertuliskan Jogja dengan desain etnik yang tentunya akan memberikan kenangan tersendiri bagi penerimanya.

7. Peyek tumpuk

Peyek tumpuk merupakan camilan yang memiliki rasa gurih dan renyah, dengan taburan kacang tanah maupun teri.

Keunikan dari peyek tumpuk khas Jogja adalah bentuknya yang bulat dan tidak pipih. Bentuknya yang unik tersebut, membuat peyek tumpuk sangat khas dan tak dijumpai di daerah lain.

Untuk membeli makanan ini, Anda dapat menjumpainya di beberapa toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

8. Pernak-pernik

Cukup banyak penjual pernak-pernik atau aksesori yang bisa Anda temukan di Jogja, mulai dari gelang, kalung, gantungan kunci, replika mobil dari kayu, replika candi, hingga replika sepeda ontel jadul.

Anda dapat dengan mudah menemukannya di kawasan pedestrian Malioboro. Pilihlah pernak-pernik atau hiasan yang sesuai dengan keinginan untuk dijadikan oleh-oleh.

9. Wedang uwuh

Wedang uwuh merupakan minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran rempah, seperti jahe, kayu secang cengkih, hingga kapulaga.

Minuman ini banyak disukai oleh wisatawan maupun warga lokal. Warga Jogja sendiri mengenal wedang uwuh dengan nama wedang rempah, sebab bahan yang digunakan menggunakan rempah.

Selain cita rasa dan aromanya yang khas, minuman ini juga memiliki manfaat seperti dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan stamina.

Jika ingin membeli minuman ini, Anda dapat membelinya ke toko oleh-oleh atau pasar tradisional.

Demikian oleh-oleh khas Jogja yang dapat menjadi pilihan. Semoga membatu.