Kapasitas memori hp Android yang Anda pakai saat ini mungkin terbatas, yakni di bawah 256 GB. Untuk menyiasatinya, cobalah tips hemat memori Android supaya tetap cukup menyimpan file penting.

Android merupakan perangkat yang banyak digunakan secara global. Ini terbukti dari hasil data Canalys yang melaporkan penjualan Android menduduki puncak pasar smartphone di 2022.

Selain populer, Android juga tergolong mudah digunakan oleh berbagai kalangan dan menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan penggunanya.

Meski memiliki keunggulan tersendiri, Android mempunyai kelemahan dari sisi ruang penyimpanan atau pembatasan memori.

Terutama jika memorinya sudah penuh, performa Android dapat menurun signifikan. Seperti terjadi lemot saat digunakan, crash aplikasi atau force close, hingga layar hp macet.

Tips Hemat Memori Android

Supaya performa perangkat tetap berjalan baik, berikut cara hemat memori internal Android yang bisa dicoba, dilansir dari laman Lifehack.

1. Pasang storage analyzer
Di Google Play Store terdapat sejumlah aplikasi storage analyzer, yang dapat dimanfaatkan untuk memantau ruang penyimpanan di hp Android.

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga perlu rutin mengecek ketersediaan storage di pengaturan, supaya jadi tahu file atau aplikasi mana saja yang sebaiknya dihapus.

2. Tambahkan kartu microSD
Apabila memori internal Android hanya 3 GB, Anda dapat menambahkan memori eksternal yaitu dengan memasang kartu microSD.

Memori tambahan ini nantinya bisa menampung file foto atau video, sehingga tidak menguras memori internal yang dipakai untuk download aplikasi di hp.

3. Hapus aplikasi yang tidak perlu
Cek kembali aplikasi yang ada dalam hp Android Anda, apakah semuanya diperlukan atau tidak? Jika memang terdapat aplikasi kurang penting sebaiknya uninstall atau hapus.

Dengan menghapus beberapa aplikasi kurang penting, ruang di memori hp kemungkinan jadi lebih leluasa untuk menyimpan file lain yang lebih berguna.

4. Rutin membersihkan cache
Cache aplikasi menumpuk dan tidak dibersihkan dapat menguras memori jadi cepat penuh. Mulai sekarang, cek terlebih dahulu cache aplikasi di hp dan segera dibersihkan.

Caranya masuk ke opsi Pengaturan, pilih Apps, sortir semua aplikasi dan klik Clear Cache satu per satu. Kemudian cek perbandingan memori sebelum dan sesudahnya.

5. Cadangkan file di Google Photo
Tips hemat memori Android selanjutnya berguna untuk file foto dan video. Apabila Anda tidak ingin file media di galeri terhapus begitu saja, silakan mencadangkan ke Google Photo.

Untuk mengaktifkan fitur ini di ponsel, cukup buka aplikasi Google Photo, buka Setelan > Pencadangan & Sinkronisasi, dan aktifkan. Semua foto dan video akan otomatis tersimpan di Google Photo.

6. Pasang antivirus
Memasang AntiVirus di hp Android sangat penting. Selain mendeteksi malware, antivirus juga berperan memilah file tidak penting yang berpotensi membahayakan perangkat.

Dengan begitu, Anda akan sangat terbantu untuk segera menghapus aplikasi atau file berbahaya sehingga kapasitas penyimpanan memori hp tetap stabil.

7. Tidak memasang konten offline
Beberapa aplikasi di Android seperti Spotify, OneNote, YouTube, umumnya mempunyai fitur konten offline yang bisa digunakan tanpa mobile data.

Namun sayangnya, konten offline ini ternyata ikut menguras memori hp. Terutama jika sebelumnya Anda download konten dengan ukuran file cukup besar.

8. Google Cloud Storage
Google Cloud Storage (GCS) merupakan ruang penyimpanan online yang bisa menampung berbagai macam file di hp Android, karena kapasitasnya sangat besar.

Kelebihan GCS ini sangat mudah diakses, sebab fitur arsip di dalamnya sederhana. Anda dapat memindahkan file penting lainnya ke GCS supaya tidak memakan kapasitas memori lain.

9. Hapus file berukuran besar
Tips hemat memori Android berikutnya yaitu hapus manual file berukuran besar. Jika tidak ingin dihapus, segera memindahkan file tersebut ke Google Drive atau Google Foto.

Terutama jika file yang bersangkutan tidak terlalu penting digunakan, sebaiknya dipindah supaya memori hp Android tetap bisa menampung file lain yang lebih berguna.

Demikian tips hemat memori android. selamat mencoba!