Megaproyek buatan Arab Saudi selalu mencengangkan. Yang terbaru dan sedang dikembangkan saat ini adalah NEOM, kota canggih bak di film fiksi ilmiah yang akan jadi pulau buatan terbesar di dunia.

CEO NEOM Al-Nasr menyebutkan bahwa proyek NEOM saat ini sedang membangun 15 pulau sebagai fase 1 dari pengembangannya. Pembangunan pulau ini akan diikuti oleh sistem mobilitas lengkap dan diklaim berkomitmen terhadap energi berkelanjutan.

Sebanyak 95% dari seluruh wilayah NEOM akan diubah menjadi cagar alam. The Line, Trojena, dan Oxagon, tiga proyek besar di mana NEOM memusatkan pembangunannya, diharapkan dapat menciptakan 380 ribu lapangan kerja baru dan tambahan PDB sebesar SAR 180 miliar untuk Kerajaan Arab Saudi.

The Line. Foto: NEOM

The Line

Proyek pertama disebut ‘The Line.’ Arab Saudi juga akan menggunakan banyak kecerdasan buatan untuk merancang The Line. Direktur eksekutif NEOM Giles Pendleton mengatakan bahwa mereka harus membangun sejumlah besar real estat dengan cepat.

Pendleton menyoroti kota yang akan memiliki sembilan juta penduduk ini akan dibuat dari serangkaian elemen modular yang telah direkayasa sebelumnya dan telah ditetapkan seperti apa fungsinya.

The Line sedang dibangun di wilayah Tabuk, sebelah barat laut Kerajaan Arab Saudi. Kota metropolis ini akan dapat berbaur dengan lanskap sekitarnya karena dirancang beroperasi dengan 100% energi terbarukan dan mempertahankan 95% wilayahnya untuk satwa liar.

Dikutip dari WIO News, kota ini dirancang untuk memprioritaskan kesehatan dan kebahagiaan penduduknya ketimbang transportasi dan infrastruktur. Pengembangan ini akan meliputi area untuk tinggal, bekerja, dan bermain.

Trojena. Foto: NEOM

Trojena yang bersalju

Objek wisata Trojena di Arab Saudi nantinya akan berjarak 50 kilometer dari pantai Teluk Aqaba dan merupakan komponen dari megaproyek NEOM. Lokasi ini memiliki ketinggian mulai dari 1.500 meter hingga 2.600 meter dan akan mengalami transformasi besar untuk persiapan Asian Winter Games 2029.

Arab Saudi akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menjadi tuan rumah Asian Winter Games yang akan mencakup 32 negara peserta, dan Trojena disiapkan untuk itu.

Proyek Trojena dibangun di wilayah dengan suhu musim dingin di bawah nol. Dibandingkan dengan daerah lain di Arab Saudi, suhu tahunan rata-rata di kawasan itu sekitar 10 derajat lebih rendah.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan, Trojena akan mendefinisikan ulang pariwisata gunung bagi dunia dengan menciptakan tempat berdasarkan prinsip ekowisata dan menyoroti upaya melestarikan alam yang selaras dengan tujuan visi Kerajaan Arab Saudi di 2030.

Oxagon. Foto: NEOM

Oxagon kota terapung

Proyek NEOM juga meliputi Oxagon, sebuah kota metropolis terapung yang diklaim akan merevolusi sektor industri global. Kota ini dibangun di suatu tempat di sekitar Laut Merah, dekat Terusan Suez.

Kota yang berbentuk persis seperti namanya ini, merupakan komponen dari megaproyek NEOM dan didedikasikan untuk membangun pusat logistik baru yang akan menjadi gebrakan dalam pengembangan industri di masa depan.

Oxagon ditargetkan selesai tahun 2030. Di tahun 2025, diperkirakan beberapa komponen utamanya, seperti fasilitas solusi logistik yang canggih, sudah terwujud.

Pada tahun 2030, Oxagon diprediksi bisa menampung sekitar 90 ribu orang. Di kota terapung ini akan ada banyak pabrik dan sebagian besar akan terdiri dari industri, lokasi industri, dan area terkait logistik lainnya, namun juga akan dibangun pemukiman.