Samsung adalah vendor handphone terbesar di dunia. Data dari beberapa riset pasar menunjukkan bahwa perusahaan mengirimkan hampir 300 juta unit tahun lalu saja.

Seperti yang dapat kamu bayangkan, dibutuhkan jaringan manufaktur yang luas untuk mengirimkan lebih dari seperempat miliar perangkat setiap tahun.

Samsung memiliki pabrik di beberapa negara di seluruh dunia. Tidak ada perbedaan di masing-masing negara, sebab Samsung mempertahankan standar kualitas yang konsisten di semua pabriknya.

Berikut enam lokasi pabrik Samsung di seluruh dunia seperti dikutip Sammobile, Selasa (13/12/2022).

1. China

China adalah pusat manufaktur global. Itu juga tempat Apple membuat sebagian besar iPhone-nya. Namun, Samsung baru saja menutup pabrik handphone terakhirnya yang tersisa di China tahun ini.

Pada 2019, perusahaan tidak memproduksi telepon apa pun di China. Sebelumnya, Samsung memiliki dua pabrik di China, namun ketika pangsa pasar Samsung di negara tersebut turun di bawah 1%, Samsung harus mengurangi produksinya.

Tidak lagi masuk akal secara finansial bagi Samsung untuk membuat ponsel di China. Itu sebabnya mereka berhenti.

2. Vietnam

Vietnam sebenarnya tempat mayoritas HP Samsung dibuat. Fasilitas produksi Samsung terletak di provinsi Thai Nguyen, Vietnam, di mana dua pabrik memproduksi smartphone, tablet, dan perangkat wearable.

Perusahaan sedang dalam proses penambahan pabrik lain ke fasilitas tersebut untuk lebih meningkatkan produksi dalam negeri. Pabrik yang ada memproduksi 120 juta unit per tahun. Sebagian besar pasokan global Samsung, termasuk pasar seperti Amerika Utara dan Eropa, berasal dari Vietnam

3. India

India tidak hanya memiliki pabrik ponsel Samsung terbesar tetapi juga pembuat ponsel terbesar di dunia berdasarkan kapasitas produksi. Samsung mengumumkan pada 2017 bahwa mereka akan menginvestasikan USD620 juta untuk menggandakan produksi smartphone di India.

Samsung meresmikan pabrik di Noida, Uttar Pradesh, India pada 2018. Kapasitas produksi pabrik ini saat ini mencapai 120 juta unit per tahun.

Sebagian besar pasokan untuk pasar India. Ini adalah salah satu pasar HP paling menguntungkan bagi Samsung. Dengan pajak impor dalam negeri, Samsung perlu melokalkan proses produksi untuk bersaing secara efektif dengan para pesaingnya dalam hal harga.

Perusahaan juga telah memproduksi perangkat seri Galaxy M dan Galaxy A di sini. Namun, Samsung dapat mengekspor smartphone buatan India ke pasar Eropa, Afrika, dan Asia Barat.

4. Korea Selatan

Samsung juga mengoperasikan fasilitas produksi di negara asalnya Korea Selatan. Itu juga tempat sebagian besar komponen dari perusahaan saudaranya dibuat.

Namun, pabrik HP mereka di Korea Selatan menyumbang kurang dari 10% dari total pengapalan global. Unit yang diproduksi di sini terutama ditujukan untuk pasar lokal.

5. Brasil

Samsung juga mengoperasikan fasilitas manufaktur di Brasil. Fasilitas ini didirikan pada tahun 1999. Lebih dari 6.000 pekerja dipekerjakan di pabrik tempat Samsung memasok ponsel ke seluruh Amerika Latin.

Dengan Brasil juga memiliki pajak impor yang tinggi, manufaktur lokal juga memungkinkan Samsung untuk menawarkan produknya di negara tersebut dengan harga bersaing.

6. Indonesia

Indonesia juga merupakan negara yang memproduksi ponsel Samsung. Pabrik yang berlokasi di kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Bekasi dibuka pada tahun 2015. Dengan kapasitas produksi sekitar 800.000 unit per tahun. Itu cukup bagi Samsung untuk memenuhi permintaan lokal.