Tak hanya sekedar menjadi tuan rumah turnamen sepak bola, Piala Dunia 2022 Qatar juga didukung oleh jaringan 5G dari berbagai operator seluler.

Gelaran Piala Dunia di Timur Tengah merupakan yang pertama kali. Ajang itu pun tampaknya tak ingin disia-siakan dengan menyediakan layanan 5G secara komersial yang bisa dijajal oleh pengunjung.

Ada dua operator seluler, yakni Ooredoo dan Vodafone, yang menghadirkan jaringan seluler generasi kelima itu di berbagai titik di Qatar, khususnya di area stadio tempat berlangsungnya pertandingan.

Per 3 Desember yang mana itu setelah hampir dua minggu berjalannya Piala Dunia 2022, tercatat kompetisi ini secara kumulatif telah disaksikan lebih dari 2,45 juta penonton stadion.

Sebagaimana dikutip dari Ookla, Selasa (13/12/2022) yang mencoba mengetahui bagaimana jaringan seluler lokal memenuhi kebutuhan layanan telelkomunikasi di Qatar. Hasilnya, menurut Speedtest Intelligence, rata-rata kinerja pengunduhan di November naik enjadi 263,37 Mbps pada gabungan chipset modern di semua teknologi teknologi seluler, dengan rata-rata kinerja pengunduhan 5G mencapai 472,13 Mbps

Ookla mengungkapkan kinerja jaringan 5G di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Ookla

Ookla mengungkapkan kinerja jaringan 5G di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Ookla

Hal ini tak terlepas dari upaya Ooredoo dan Vodafone yang memberikan penawaran kartu SIM dengan diiming-imingi kuota data gratis. Seperti Ooredoo gratis 2022 MB berlaku tiga hari, sedangkan Vodafone memberikan kuota 3 GB selama dua hari.

Ookla melihat mengamati perbedaan kinerja jaringan seluler dan selama Piala Dunia 2022. Rata-rata performa 5G pengunduhan 394,2 MBps dan pengunggahan 19,93 Mbps yang itu terjadi pada 10 hari sebelum acara dimulai.

Saat Piala Dunia 2022 berlangsung, kecepatan pengunduhan rata-rata 489,29 Mbps dan kecepatan pengunggahan 38,86 Mbps selama minggu kedua. Dari sudut pandang Ookla, Ooredoo dan Vodafone memainkan peran penting mendorong peningkatan kinerja 5G ini.

Ookla mengungkapkan kinerja jaringan 5G di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Ookla

Meskipun bukan event olahraga dengan jaringan 5G tercepat, tetapi Ookla menyebutkan bahwa Piala Dunia 2022 mampu memanjakan pengguna mengingat jumlah yang penontonnya yang fantastis.

Ookla juga menemukan performa kecepatan jaringan 5G di stadion dan juga fan zone. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Ookla mengungkapkan kinerja jaringan 5G di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: Ookla