Waktu Terbaik Cuci Muka dengan Sabun, Keseringan Bikin Kering

0
524

Proses membersihkan wajah dari sisa riasan (makeup), debu, hingga polusi dengan sabun wajah (facial wash) rupanya tak boleh asal dilakukan.

Sebab, ada waktu terbaik untuk cuci muka dengan sabun agar kebersihan wajah selalu terjaga.

Sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah sangat perlu dibersihkan. Jangan sampai hal ini terlewat karena dapat membuat kotoran menumpuk di wajah.

Tumpukan kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti komedo, jerawat, hingga kulit kusam. Padahal, wajah yang sehat dan bersinar (glowing) merupakan idaman semua orang.

Selain untuk membersihkan wajah dari sisa makeup dan kotoran, cuci muka juga perlu dilakukan agar kulit bersih sebelum menggunakan rangkaian skincare.

Jika wajah bersih, maka kulit dapat menyerap skincare dengan lebih maksimal. Dengan begitu, hasil perawatan pun terlihat di wajah.

Maka dari itu, penting untuk melakukan cuci muka setelah menggunakan makeup dan beraktivitas.

Bahkan sebaiknya bersihkan dulu sisa riasan dengan pembersih makeup atau micellar water untuk pembersihan ganda (double cleansing) agar wajah lebih bersih.

Waktu Terbaik Cuci Muka

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk cuci muka dengan sabun? Cuci muka berapa kali sehari? Berikut jawabannya.

Melansir Everyday Health, cuci muka sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu cuci muka pagi hari dan malam hari.

Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis dari Mount Sinai Hospital di New York, Joshua Zeichner mengatakan cuci muka pada pagi hari dilakukan setelah bangun pagi.

Sementara cuci muka pada malam hari dilakukan sebelum tidur. Sebab, tidur dalam keadaan kulit bersih adalah sebuah keharusan.

“Jika Anda hanya akan mencuci sekali, rekomendasi saya adalah cuci di malam hari untuk menghilangkan semua (kotoran) yang menumpuk di siang hari, sehingga Anda tidur dengan wajah bersih di atas bantal,” ungkap Zeichner.

Namun bolehkah cuci muka 3 kali sehari? Sebab, terkadang ketika mandi, orang akan mencuci mukanya juga. Misalnya, mencuci muka ketika bangun tidur, lalu pada siang hari, dan mencucinya lagi pada malam hari.

Mengutip Healthline, Dokter Kulit Bersertifikat Erum Ilyas menilai cuci muka sebanyak tiga kali agak berlebihan.

Sebab, keseringan cuci muka dengan sabun hanya akan membuat kulit wajah terasa kering, khususnya bagi mereka yang berjenis kulit kering. Menurutnya, cuci muka dua kali sehari lebih ideal.

Khusus untuk malam hari, Ilyas menyarankan agar cuci muka dilakukan lebih awal, yaitu setelah matahari terbenam. Artinya, cuci muka pada malam hari tidak perlu menunggu Anda akan tidur. Justru, lebih awal lebih baik.

Penelitian menunjukkan cuci muka pada malam hari lebih awal dapat menjaga ritme sirkadian kulit, sehingga dapat lebih optimal dalam melindungi kulit dari kerusakan.

Itulah penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk cuci muka dengan sabun. Semoga bermanfaat.

Sumber : CNN [dot] COM