Google Scholar atau Google Cendekia adalah mesin pencarian yang sering digunakan para akademisi sebagai rujukan menyaring artikel hingga literatur ilmiah dari sumber tepercaya. Cara membuat akun Google Scholar sendiri cukup mudah.
Selain cara membuatnya yang terbilang mudah dan cepat, Google Scholar juga memiliki banyak keunggulan. Tak heran, banyak orang yang memanfaatkan mesin pencarian yang satu ini.

Orang-orang yang bisa membuat akun Google Scholar tidak sebatas dosen. Mahasiswa, guru, peneliti, atau pegiat akademisi lainnya juga boleh.

Setiap pemilik akun nantinya harus melengkapi profil dan keterangan mengenai bidang keilmuan yang ditekuni.

Keunggulan Google Scholar

Keunggulan dari Google Scholar yaitu sangat spesifik dalam menampilkan hasil pencarian dalam bentuk artikel atau jurnal ilmiah.

Koleksi jurnal ilmiah di Google Scholar terbilang lengkap, sehingga memadai untuk bahan dasar riset ilmiah. Selain itu, semua akses yang ada di Google Scholar gratis.

Apabila ingin mencari bahan riset atau membaca jurnal, cukup masukkan kata kunci di kolom pencarian. Dalam waktu singkat, sistem akan otomatis menampilkan hasilnya.

Cara Membuat Akun Google Scholar

Di bawah ini terdapat cara membuat akun Google Scholar dari tahap awal sampai akhir, sekaligus cara menggunakannya.

1. Memiliki akun email
Pastikan sudah mempunyai alamat email dengan domain ac.id, dot org, atau dot com, atau bisa juga mendaftar lewat email yang dibuat dari instansi tempat Anda bekerja.

Misalnya jika Anda guru atau dosen dan memiliki email kantor resmi, bisa digunakan untuk mendaftar akun di Google Scholar sehingga lebih tepercaya.

2. Mendaftar akun ke laman Scholar Google
Selanjutnya mulai membuat akun dengan mendaftar ke laman https://scholar.google.com/ lewat browser di PC. Login menggunakan akun Google Anda terlebih dahulu.

Setelah masuk ke Google Scholar, klik opsi Profil Saya (My Profile) di bagian pojok kiri atas. Nantinya akan muncul tampilan untuk mengisi kolom data diri.

3. Mengisi info profil
Di tahap ini tinggal mengisi data pada setiap kolom dengan keterangan yang sesuai. Mulai dari nama, afiliasi, email, bidang yang dikuasai, website jika ada, dan klik Berikutnya.

Jika memiliki artikel yang sebelumnya pernah dipublikasi, Anda dapat menambahkannya ke Google Scholar.

4. Melengkapi data diri
Setelah menambahkan artikel, jurnal, atau hasil penelitian, Anda akan diminta mengisi kelengkapan data diri lebih lanjut. Dilanjut dengan centang opsi Make my profile public supaya hasil karya ilmiah milik Anda dapat dibaca dan diakses semua orang.

Sampai tahap ini tinggal memasang foto profil diri serta latar belakang di akun Google Scholar dan selesai.

Cara Menggunakan Google Scholar

Sebagai pengguna baru mungkin masih bingung bagaimana cara menggunakan Google Scholar, terutama untuk unggah hasil karya. Begini caranya:

  1. Untuk menambahkan artikel pertama, maka pengguna perlu klik ikon add. Akan ada tiga pilihan penambahan artikel sebagai berikut:
  • Pertama add article groups untuk menambahkan artikel dalam kelompok yang ada nama pengguna di dalamnya.
  • Kedua add articles untuk menambahkan artikel pribadi yang dikerjakan secara individu.
  • Ketiga add article manually untuk menambahkan artikel secara manual. Pengguna dapat memulai dari awal dengan mengisi kolom judul artikel, tanggal terbit, jurnal, volume, isu hingga isi artikel.

2. Ketika pengguna memutuskan untuk memilih berbagai artikel, maka secara otomatis artikel tersebut akan tampil di dalam profil masing-masing.

3. Selain itu, pengguna dapat menyunting atau edit data artikel secara manual, seperti judul, tanggal, penerbit, volume, isu dan lain sebagainya.

4. Pengguna juga dapat menghapus daftar artikel agar tidak muncul lagi di dalam profil pengguna.

5. Untuk melakukan pemeriksaan indeks pencarian, silakan buka kembali homepage Google Scholar dan ketik nama panjang pengguna di kolom pencarian. Maka pengguna dapat melihat bagaimana tampilan profil yang dilihat instansi hingga publik.

Itulah cara membuat akun Google Scholar sekaligus cara menggunakannya untuk mempublikasikan hasil karya Anda.