Efek Samping Makan Garam Berlebihan: Darah Tinggi sampai Kematian Dini

0
206

Apapun yang berlebihan pasti tak baik, termasuk garam. Selain menyebabkan hipertensi, ada efek samping makan garam berlebihan.

Sebenarnya, sodium atau garam adalah mineral penting untuk fungsi otot dan saraf yang optimal. Mengutip Healthline, Bersama dengan klorida, ini juga membantu tubuh Anda menjaga keseimbangan air dan mineral yang tepat.

Namun, terlepas dari fungsinya yang esensial, terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menimbulkan efek yang tidak menyenangkan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Ada beberapa efek samping makan garam berlebihan, antara lain:

1. ‘Bengkak’

Anda mungkin memperhatikan bahwa Anda merasa lebih kembung atau bengkak dari biasanya. Ini terjadi karena ginjal Anda ingin mempertahankan rasio natrium terhadap air tertentu dalam tubuh Anda. Untuk melakukannya, mereka menyimpan air ekstra untuk mengimbangi natrium ekstra yang Anda makan.

Retensi air yang meningkat ini dapat menyebabkan pembengkakan, terutama di tangan dan kaki, dan dapat menyebabkan berat badan Anda lebih dari biasanya.

2. Tekanan darah naik

Makanan kaya garam juga dapat menyebabkan volume darah yang lebih besar mengalir melalui pembuluh darah dan arteri Anda. Ini dapat menyebabkan peningkatan sementara tekanan darah.

Konon, tidak semua orang mungkin mengalami efek ini. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tahan garam mungkin tidak mengalami peningkatan tekanan darah setelah makan kaya garam.

Kepekaan seseorang terhadap garam diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti genetika dan hormon. Penuaan dan obesitas juga dapat memperkuat efek peningkatan tekanan darah dari diet tinggi garam.

3. Sering haus

Makan makanan asin juga bisa menyebabkan mulut kering atau merasa sangat haus. Mendorong Anda untuk minum adalah cara lain di mana tubuh Anda mencoba memperbaiki rasio natrium terhadap air.

Apapun yang berlebihan pasti tak baik, termasuk garam. Selain menyebabkan hipertensi, ada efek samping makan garam berlebihan.

4. Sering pipis

Peningkatan asupan cairan yang dihasilkan dapat menyebabkan Anda buang air kecil lebih banyak dari biasanya.

5. Hipernatremia

Hipernatremia merupakan gangguan elektrolit. Hipernatremia dapat menyebabkan air keluar dari sel Anda dan masuk ke dalam darah Anda, dalam upaya untuk mengencerkan kelebihan natrium. Jika tidak ditangani, perpindahan cairan ini dapat menyebabkan kebingungan, kejang, koma, dan bahkan kematian.

6. Kanker perut

Efek samping makan garam berlebihan disebut-sebut juga menyebabkan kanker perut. Sebuah tinjauan yang melibatkan lebih dari 268.000 peserta menunjukkan bahwa mereka dengan asupan garam rata-rata 3 gram per hari mungkin memiliki risiko kanker perut hingga 68% lebih tinggi dibandingkan dengan asupan garam rata-rata 1 gram per hari.

Studi lain lebih lanjut menunjukkan bahwa orang dengan asupan garam yang tinggi mungkin memiliki risiko kanker perut dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan asupan yang lebih rendah.

7. Risiko penyakit jantung dan kematian dini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan garam yang tinggi menyebabkan peningkatan tekanan darah dan pengerasan pembuluh darah dan arteri.

Efek samping makan garam berlebihan juga bisa menyebabkan penyakit jantung dan kematian dini yang lebih tinggi.

Sumber : CNN [dot] COM