Jarang yang Tahu, Ini Arti ‘i’ di iPhone dan iPad

0
356
steve jobs

Saat ini, Apple jadi salah satu raksasa produsen perangkat ponsel paling mumpuni di dunia. Perusahaan asal Cupertino Amerika Serikat bahkan harus melawan keperkasaan merek lain yang menggunakan Android.

Apple membuktikan dirinya lewat produk-produk unggulan dari iPhone yang sudah masuk generasi ke-14 hingga iPad. Bahkan banyak orang yang jadi penggemar produk perusahaan dan tidak mau tertinggal satu seri pun tiap tahunnya.

Seperti disebutkan di awal, Apple merumahkan rumah untuk produk iPhone dan iPad. Perusahaan menamainya dengan huruf ‘i’ di depannya. Tapi tahukah kamu arti dibalik penamaan itu?

Sayangnya, jika kamu menebak huruf ‘i’ adalah singkatan dari internet itu salah besar. Apple ternyata menyingkat lima kata dalam satu huruf di depan nama produknya itu.

Mashable, yang mengutip artikel Readers Digest, menyebutkan huruf ‘i’ di depan beberapa produk Apple berarti internet, individual, instruct, inform, dan inspire. Ternyata pendiri perusahaan, mendiang Steve Jobs pernah mengungkapkan hal ini saat peluncuran iMac tahun 1998.

Dalam laporan itu disebutkan Jobs berkonsetrasi menggunakan kata ganti personal ‘I’ atau aku. Dia memberikan audiens serta karyawan ‘instruksi’ soal nilai dan prinsip panduan perusahaan.

Paul Bischoff dari Comparitech menjelaskan Jobs menyatakan ‘I’ singkatan dari internet, individual, teach, inform, dan inspire.

Selain itu, Bischoff juga mengisyaratkan ide itu juga digunakan untuk mengganti kata ganti orang ‘I’ dan ‘instruction’. Yakni tujuan penggantiannya dalam rangka untuk pendidikan.