Harga iPhone 11 Turun Nyaris Rp 3 Juta! Beli Enggak ?

0
383

Meski Apple selalu meluncurkan produk baru, iPhone seri terdahulu dengan teknologi yang masih up to date juga masih tersedia untuk dibeli. Apalagi, beberapa seri lama bisa turun harga hampir Rp3 juta!

Salah satu iPhone seri terdahulu yang masih tersedia di pasaran adalah iPhone 11. Ponsel ini bisa dibilang sebagai salah satu seri HP Apple yang dibekali inovasi desain signifikan. Bermula dari lini ini, masyarakat mengenali istilah ‘iPhone Boba’.

HP ini diluncurkan pada 2019 lalu. Berusia 4 tahun, kini iPhone 11 masih dijual di pasaran dengan harga miring. Pantauan CNBC Indonesia di situs distributor resmi iBox dan Digimap, harga unit baru iPhone 11 dibanderol mulai Rp 7 juta.

Harga itu turun Rp 2,8 juta dibandingkan dengan ketika pertama kali rilis, yakni Rp 9,8 juta. Anda juga bisa mendapat harga lebih murah jika membeli unit bekas (secondhand) di gerai online dan offline.

Jika ingin seri yang lebih baru, iPhone 12 bisa jadi opsi. HP ini sudah turun harga ke Rp 11 juta untuk model memori 64GB. Saat pertama kali diluncurkan, iPhone 12 dipatok mulai Rp 15 juta alias lebih mahal Rp 4 juta.

Pertanyaannya, apakah iPhone 11 dan iPhone 12 masih layak dibeli di tahun 2023? Simak beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan berikut ini.

Desain iPhone 11 dan iPhone 12

Seperti disinggung sebelumnya, iPhone 11 adalah yang pertama memperkenalkan desain ‘boba’. Bahasa desain tersebut kemudian dibawa ke iPhone 12, bahkan masih dipakai di iPhone 14 teranyar.

Bedanya, di iPhone 11 dan 12 desain kamera boba disusun ke bawah secara vertikal. Sementara itu, kamera boba iPhone 13 dan 14 diletakkan menyilang.

Bentuk tubuh iPhone 11 juga masih melengkung di sisiannya. Sementara pada iPhone 12, Apple mengembalikan bentuk sisian lurus yang mengingatkan ke era iPhone 4 dan 5. Desain tersebut dilanjutkan kembali di iPhone 13 dan 14.

iPhone 11 dan 12 sama-sama menggunakan layar berukuran 6,1 inci yang juga dipertahankan pada iPhone 14.

Bedanya, iPhone 11 masih menggunakan jenis layar Liquid Retina IPS LCD, sementara iPhone 12 dan 14 meningkat dengan layar Super Retina XDR OLED.

Kamera iPhone 11 dan iPhone 12

Kedua iPhone ini memiliki kamera ganda 12MP (ultrawide dan wide) yang juga dipertahankan hingga di iPhone 14. Apple memang terkenal tak tertarik berlomba-lomba membesarkan angka megapiksel.

Inovasi kamera iPhone lebih cenderung ke arah fitur dan software. Kendati kamera iPhone 14 lebih canggih dengan fitur ‘Photonic Engine’ dan bokeh yang lebih mumpuni, tetapi fitur kamera pada iPhone 11 dan iPhone 12 pun masih andal.

Kedua HP lawas tersebut sudah dibekali kemampuan zoom optik memperkecil 2x dan zoom digital 5x, perekaman 4k, penstabilan gambar, serta flash true tone.

Untuk kamera depan juga masih sama dengan sensor berkualitas 12MP pada iPhone 11, 12, bahkan 14 teranyar. Bedanya pada fitur dan software yang lebih meningkat pada iPhone terbaru.

Performa iPhone 11 dan iPhone 12

iPhone 11 ditenagai chip A13 Bionic, sementara iPhone 12 menggunakan versi lebih baru A14 Bionic. Dari segi performa, bisa dibilang kedua chip tersebut cukup garang untuk penggunaan chatting, media sosial, dan game sehari-hari.

Bahkan chip A13 Bionic masih dipakai pada iPad generasi ke-9 keluaran 2021 lalu. Jika dibandingkan dengan chip A15 Bionic pada seri iPhone 14, tentu performanya masih di bawah. Akan tetapi dengan harga murah dan penggunaan multimedia yang cukup berat, iPhone 11 dan iPhone 12 dipastikan masih andal.

iOS iPhone 11 dan iPhone 12

Usia pemakaian iPhone secara umum memang lebih awet ketimbang HP Android. Biasanya, Apple memberikan sistem pembaruan selama 6 tahun di tiap seri iPhone.

Untuk iPhone 11 dan 12, masing-masing masih bisa diperbarui ke sistem operasi iOS 16 teranyar dari Apple. Jika mengikuti tradisi, iPhone 11 yang berusia 4 tahun masih akan mendapat pembaruan software hingga 2 tahun ke depan.

Sementara itu, iPhone 12 yang berusia 3 tahun, masih bisa bernapas panjang hingga 3 tahun mendatang.

iPhone 11 atau iPhone 12?

Jika Anda berniat membeli iPhone tetapi belum punya budget cukup untuk membawa pulang iPhone 14, dua iPhone lawas yang tim CNBC Indonesia paparkan di atas masih sangat layak dibeli.

Dilihat dari nominalnya, iPhone 11 memang lebih murah, yakni mulai Rp 7 juta. Namun, jika punya budget lebih, iPhone 12 lebih cuan dengan harga Rp 11 juta.

Pasalnya, dari harga pertama rilis, iPhone 11 cuma turun Rp 2,8 juta. Sementara itu, iPhone 12 turun Rp 4 juta. Perlu dijadikan pertimbangan pula bahwa iPhone 12 sudah mendukung jaringan 5G. Ini menjadi poin plus ketimbang iPhone 11 yang mentok di 4G LTE.