Tidak Perlu Bayar Twitter Blue, Seperti Ini Cara Gratis Amankan Akun

0
257

Twitter kini meminta pengguna untuk beralih dari metode autentikasi dua faktor (2FA) pesan teks atau SMS. Sebab fitur 2FA melalui SMS hanya berlaku untuk mereka yang membayar langganan Twitter Blue.

Artinya Anda harus membayar US$8 (Rp 121 ribu) per bulan untuk langganan Twitter Blue atau beralih ke metode autentikasi lain.

Dikutip dari TheVerge, Selasa (21/2/2023), sebenarnya metode SMS 2FA membuat penggunanya rentan terhadap serangan SIM-swapping. Modusnya, penjahat siber menggunakan rekayasa atau akses lain untuk membuat operator seluler menetapkan ulang nomor telepon kepada mereka.

Setelah mendapatkan akses ke nomor, peretas dapat mencegat kode verifikasi yang diterima melalui pesan teks atau panggilan telepon ketika Anda mencoba masuk ke akun.

Namun tenang, metode SMS untuk fitur 2FA bukan satu-satunya cara mengamankan akun Twitter Anda. Masih ada metode lain yang tersedia secara gratis.

Selain SMS 2FA, Anda dapat menggunakan aplikasi autentikator atau kunci keamanan sebagai lapisan perlindungan tambahan saat masuk ke akun Twitter Anda.

Aplikasi autentikator, seperti Authy, Google Authenticator, dan Microsoft Authenticator, biasanya menghasilkan kata sandi satu kali (OTP) yang berubah setelah beberapa saat.

Sama seperti SMS 2FA, Anda dapat menggunakan kode ini untuk mengakses akun Anda di web. Bedanya, metode ini pakai aplikasi, bukan pesan teks.

Meskipun peretas punya jutaan cara untuk mengelabui pengguna, tetapi setidaknya autentikator lebih aman daripada SMS 2FA. Pasalnya, lebih sulit bagi peretas untuk mendapatkan akses ke perangkat fisik tempat aplikasi autentikator dipasang.

Menambahkan aplikasi autentikator ke Twitter

Berikut ini cara mengaktifkan aplikasi autentikator di Twitter. Langkah ini akan membuat akun Anda lebih aman daripada menggunakan SMS 2FA dan sepenuhnya gratis:

1. Buka Twitter di desktop atau web
2. Tekan ikon tiga titik di sidebar di sisi kiri layar, dan pilih Pengaturan dan Dukungan > Pengaturan dan Privasi
3. Klik Keamanan dan akses akun > Keamanan > Autentikasi dua faktor
4. Pilih aplikasi Otentikasi, dan masukkan password jika diminta
5. Tekan Mulai untuk melewati jendela pertama, dan akan melihat kode QR muncul di layar Anda
6. Buka aplikasi autentikator di ponsel Anda, pilih pemindai kode QR aplikasi, dan pindai kode di layar Anda. Ini akan menautkan akun Anda ke aplikasi autentikator Anda
7. Setelah selesai, kembali ke Twitter. Tekan Berikutnya, masukkan kode yang dihasilkan aplikasi, dan pilih Konfirmasi.
8. Di layar berikutnya, Twitter akan memberi kode cadangan sekali pakai. Perlu dicatat pastikan untuk menyimpannya jika Anda kehilangan akses ke ponsel atau aplikasi autentikasi.