Cara Delete Akun Medsos, Cek sebelum Buzzer Makin Berulah

0
190

Belakangan media sosial kian tak ramah terhadap kaum pengkritik. Buzzer atau pun fan berat pun kerap berkomentar jahat hingga doxing. Salah satu opsi yang bisa dilakukan adalah menghapus akun.

Medsos pada dasarnya merupakan platform untuk untuk saling bertanya kabar, bertukar pendapat, meraup cuan, sekadar mengomentari tokoh publik yang tengah jadi sorotan karena berita miring.

Masalahnya, komentar tak melulu berujung mulus. Serangan berbau SARA hingga pengungkapan data pribadi korban.

Jika Anda korban para terduga buzzer dan hendak rehat dari media sosial, maka delete akun alias hapus akun menjadi salah satu solusinya.

Berikut cara-cara untuk menghapus akun media sosial:

Facebook

Sebagian pengguna mungkin sudah lama memiliki akun Facebook, dan saat itu mungkin Anda memposting terlalu banyak informasi pribadi.

Jika Anda pernah menonaktifkan akun, Anda mungkin memperhatikan bahwa semuanya kembali normal saat Anda masuk lagi, seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Itu karena menonaktifkan akun Facebook Anda tidak sama dengan menghapusnya. Saat Anda menonaktifkan akun, Anda hanya menyembunyikan informasi Anda dari pencarian dan teman Facebook Anda.

Meski begitu, menonaktifkan akun Anda masih merupakan proses yang terbilang rumit. Berikut cara-caranya:

– Buka pengaturan

– Klik Pengaturan dan Privasi

– Klik Informasi Facebook Anda

– Klik Deaktivasi dan Penghapusan

– Pilih Nonaktifkan Akun

– Terakhir klik Lanjutkan ke Penonaktifan Akun dan ikuti petunjuk di layar

Sekarang, untuk menghapus akun Anda secara permanen , Anda harus mempelajari di mana opsi hapus berada.

Dari menu Penonaktifan dan Penghapusan yang sama yang tercantum di atas, pilih Hapus Akun> klik Lanjutkan ke Penghapusan Akun> Masukkan sandi>klik Lanjutkan> klik Hapus Akun.

Perlu dicatat penghapusan sebenarnya dari semua data dan informasi Anda akan memakan waktu beberapa hari.

Instagram

Meskipun ini adalah layanan yang mengutamakan seluler, Instagram tidak mengizinkan Anda menghapus akun melalui aplikasi. Sebagai gantinya, pengguna harus masuk ke akun Instagram Anda melalui web untuk menghapusnya.

Menavigasi melalui pengaturan Instagram hanya akan memberi Anda opsi untuk menonaktifkan sementara akun Anda.

Menonaktifkan akun Anda akan menyembunyikan profil, foto, suka, dan komentar Anda dari platform. Untuk menghapus Instagram, berikut cara-caranya:

– Temukan opsi nonaktifkan dengan mengeklik ikon orang di pojok kanan atas

– Pilih Setelan

– Di bagian bawah halaman ada opsi menonaktifkan sementara akun.

Untuk menghilangkannya selamanya, masukkan URL ini ke alamat browser Anda dengan mengklik tautan ini: https://instagram.com/accounts/remove/request/permanent.

Setelah Anda berada di halaman itu, masukkan kata sandi Anda dan klik Hapus Akun Saya Secara Permanen.

TikTok

Menggunakan TikTok untuk bermedia sosial terbilang asyik dan menyenangkan. Namun jika akun Anda jadi sarana untuk perundungan dan serangan buzzer, ada baiknya untuk segera dihapus.

Berikut cara menghapus akun TikTok cukup lewat ponsel saja:

– Buka aplikasi TikTok

– Klik bagian Profil di kanan bawah.

– Klik tiga baris di kanan atas

– Pilih Kelola akun diikuti dengan Hapus akun

Beberapa pesan di layar akan memungkinkan Anda mengunduh data TikTok dan mengonfirmasi pilihan. Meskipun akun Anda sekarang dinonaktifkan, data Anda tidak dihapus selama 30 hari.

Tren media sosial saat ini adalah serbuan para terduga buzzer terhadap pengkritik pejabat. Bagi korban, opsinya adalah jadikan akun privat atau bahkan delete.

Twitter

Dibutuhkan banyak waktu dan upaya untuk mempertahankan akun Twitter yang dikuratori dengan baik. Tetapi menghapus akun Anda tidak terlalu ribet di platform Twitter.
Pengguna yang ingin menghapus tweet lama tetapi tidak menghapus akun mereka, dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti TweetDelete.

Sebelum Anda menghapus akun Twitter Anda, Anda mungkin ingin mengunduh arsip. Ini akan mencakup semua tweet dalam urutan kronologis, yang bagus jika Anda ingin menghidupkan kembali tweet pertama Anda, atau melihat semua tweet yang belum terjawab yang Anda kirim ke selebritas.

Untuk mengunduh arsip Anda, klik ikon profil> buka Pengaturan dan privasi> klik Akun Anda, diikuti oleh Unduh arsip data Anda. Dari sana, pengguna dapat memasukkan kata sandi untuk mengunduh semua data Anda.

Setelah Anda memiliki salinan unduhan, Anda dapat melanjutkan dengan menghapus akun. Di halaman Twitter yang sama tempat Anda dapat mengunduh data, terdapat bagian berlabel Nonaktifkan akun Anda.

Pengguna akan diminta untuk memilih periode pengaktifan kembali selama 30 hari atau 12 bulan. Setelah mengklik Nonaktifkan di bagian bawah halaman, kata sandi Anda diperlukan untuk memulai proses penonaktifan.

Dikutip dari Wired, ingatlah bahwa data Anda sebenarnya tidak dihapus selama minimal 30 hari berikutnya.

Setelah periode pengaktifan kembali habis, Twitter akan mulai menghapus akun. Menurut Kebijakan Privasi perusahaan, ini bisa memakan waktu beberapa minggu dan informasi tertentu masih dipertahankan.

WhatsApp

Menghapus WhatsApp karena bosan menghadapi banyaknya misinformasi yang tersebar di grup keluarga atau kiriman pesan spam bisa jadi salah satu opsi.

Cara menghapus akun WhatsApp terbilang lebih mudah daripada beberapa platform Meta lainnya seperti Facebook dan Instagram.

Berikut cara menghapus akun WhatsApp secara permanen:

– Buka aplikasi

– Klik Pengaturan di sudut kanan bawah.

– Pilih Akun

– Konfirmasi nomor telepon Anda dan klik Hapus Akun Saya

– Pengguna yang memilih untuk mengaktifkan kembali WhatsApp di kemudian hari tidak dapat mengambil data yang ada di WhatsApp

Sumber : CNN [dot] COM