Adobe Photoshop sebuah tools sofware edit foto dan video yang sudah lama memanfaatkan kecerdasan buatan yakni Sense AI selama lebih dari satu dekade untuk membantu pengguna dalam melakukan pekerjaannya.

Dilansir detiKINET dari Engadget, pada Jumat (24/3/2023) Adobe Photoshop mengungkapkan kehadiran fitur AI generasi berikutnya yang dinamai Firefly di mana akan dapat menghasilkan efek gambar dan font.

“Generative AI adalah evolusi berikutnya dari kreativitas dan produktivitas yang digerakkan oleh AI, mengubah percakapan antara pencipta dan komputer menjadi sesuatu yang lebih alami, intuitif, dan kuat,” kata David Wadhwani, President, Adobe’s Digital Media Business

David menjelaskan dengan Firefly Adobe akan menghadirkan bahan-bahan kreatif bertenaga AI generatif langsung ke dalam alur kerja pelanggan, meningkatkan produktivitas dan kepercayaan diri semua kreator mulai dari profesional kreatif kelas atas hingga kreator menengah ke bawah.

Demikian seniman digital tidak akan lagi dibatasi oleh ketangkasan di bawah standar atau kurangnya bakat artistik. Mereka dapat membuat ilustrasi berkualitas profesional hanya dengan menggunakan kekuatan kata-kata mereka.

Tak hanya berlaku untuk teks ke gambar tapi juga audio, video, ilustrasi dan model 3D semuanya dapat dihasilkan melalui sistem dan senam verbal yang cukup.