Google dilaporkan telah menangguhkan aplikasi belanja Pinduoduo asal China milik perusahaan PDD Holdings Inc. Penangguhan ini terjadi setelah ditemukannya malware dalam versi perangkat lunak yang tidak ada di Play Store.

Juru bicara Google mengatakan pada Selasa (21/3), mereka telah menemukan sebuah aplikasi yang menawarkan layanan e-commerce miliki PDD Holdings berisi malware.

Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan keamanan, Google yang saat ini sedang melakukan penyidikan telah menangguhkan aplikasi belanja populer di China itu dari Play Store.

“Pemberlakuan Google Play Protect telah diatur untuk memblokir upaya pemasangan aplikasi berbahaya yang teridentifikasi ini. Pengguna yang memiliki versi berbahaya dari aplikasi yang diunduh ke perangkat mereka akan diperingatkan dan diminta untuk menghapus pemasangan aplikasi tersebut,” kata juru bicara Google sebagaimana dikutip detikINET dari Economic Times.

Langkah tersebut muncul setelah muncul laporan sebelumnya oleh peneliti keamanan siber China yang merujuk pada sebuah aplikasi terkenal di China yang menggabungkan kode berbahaya. Kode ini membantunya melacak informasi dan aktivitas pengguna, termasuk di seluruh aplikasi lain.

Sementara itu, dalam laporan yang sama, perusahaan PDD Holdings Inc. hingga saat ini belum memberikan tanggapannya.