Perhatikan, Jangan sekali – kali anda melakukan ini, nanti whatsapp anda diblokir

0
171

Terdapat satu larangan yang perlu diingat pengguna WhatsApp atau akunnya diblokir. Yakni tidak menggunakan aplikasi tidak resmi atau yang dikenal sebagai WhatsApp Modifikasi (WA Mod).

WhatsApp akan memberikan pemberitahuan pemblokiran sementara pada akun penggunanya. Jika kamu salah satu yang menerimanya, dipastikan menggunakan aplikasi pihak ketiga tersebut.

“Jika Anda menerima pesan dalam aplikasi yang menyatakan bahwa akun Anda “Diblokir sementara”, ini berarti Anda mungkin menggunakan versi WhatsApp yang tidak didukung dan bukan aplikasi WhatsApp resmi,” tulis platform tersebut.

Pemblokiran sementara itu juga bisa berubah menjadi permanen atau selamanya. Hal tersebut terjadi jika pengguna yang telah mendapatkan peringatan tetap tidak menggunakan aplikasi resmi.

WA Mod merupakan platform yang memberikan pengalaman berbeda dari aplikasi aslinya. Salah satunya memiliki fitur-fitur yang sama sekali tidak ada atau belum tersebut pada platform anak perusahaan Meta tersebut.

Namun WA Mod menyimpan bahaya pada penggunanya. Salah satunya karena pemasangan atau instal aplikasi yang bukan berasal dari pihak yang resmi.

Jika aplikasi akun Whatsapp diblokir karena memanfaatkan WA Mod, pengguna masih bisa menggunakannya lagi. Syaratnya, aplikasi WA Mod harus terlebih dulu dihapus dari HP. Penghapusan ini harus segera dilakukan jika tak ingin diblokir permanen.

Bagi yang khawatir riwayat percakapan di aplikasi WA Mod hilang karena harus berganti aplikasi, bisa memanfaatkan fitur arsip.

Pengguna harus lebih dulu mencadangkan data lewat aplikasi WA Mod. Setelah itu, cari folder WA Mod di HP dan ubah namanya menjadi “Whatsapp”.

Berikut beberapa contoh aplikasi yang termasuk dalam WA Mod:

1. GB WhatsApp

Salah satu fitur yang ditawarkan aplikasi ini adalah dua akun yang bisa digunakan pada perangkat yang sama. Ada juga fitur seperti menyembunyikan tanda pesan dibaca, mengirim gambar dengan resolusi tinggi, fitur balasan pesan otomatis, dan banyak karakter untuk pembaruan status.

2. Yo WhatsApp

Fitur pada Yo WhatsApp seperti menggunakan tiga akun sekali dalam satu aplikasi, mengirim file gambar berukuran 100MB, serta tidak menampilkan status online pengguna.

3. WhatsApp Plus

Melansir Lifewire, WhatsApp Plus punya fitur untuk mengganti warna, huruf hingga tema. Pengguna aplikasi ini juga memiliki kemampuan seperti mematikan panggilan suara dan menyembunyikan gambar profil, digunakan untuk 4 akun sekaligus dan menghapus pesan yang dikirimkan.

Lifewire juga menjelaskan WhatsApp Plus tidak aman karena pemasangannya aplikasi yang rumit dari standar dan tidak resmi. Ini membuat dukungan untuk aplikasi bisa berhenti kapanpun.

4. Blue WhatsApp

Beberapa fitur dalam Blue WhatsApp seperti modifikasi warna dan tema aplikasi. Fitur lainnya seperti chat bisa dihapus dan mencegah pesan dihapus.

Selain itu Blue WhatsApp juga memiliki fitur notifikasi pada akun yang menghapus pesan, menonaktifkan panggilan suara serta kemampuan menjadwalkan pengiriman pesan.