Banyak Anak Kecanduan HP, Bos Apple Kasih Pesan Menohok

0
225

Bos Apple, Tim Cook, mengingatkan orang tua soal waktu penggunaan HP bagi anak-anak. Mengingat banyak anak yang sekarang kecanduan gadget itu.

Dalam sebuah wawancara, seorang reporter majalah GQ menjelaskan pada Cook jika anaknya terobesesi dengan smartphone. Menanggapi hal itu, dia menyebutkan anak-anak terlahir saat era digital namun penting untuk memasang pagar pembatas untuk anak-anak.

“Kami tidak ingin orang terlalu sering menggunakan ponsel kami,” ungkap Cook, dikutip dari NY Post, Rabu (5/4/2023).

Dia menambahkan, “Kami tidak diberi insentif untuk itu. Kami tidak menginginkannya. Kami menyediakan alat untuk orang tidak melakukannya”.

Penerapan pagar pembatas itu telah diterapkan oleh Apple dengan menawarkan aplikasi Screen Time. Layanan tersebut melacak penggunaan ponsel dan orang tua bisa menetapkan batasan pengguna perangkat, download, dan konten bagi anak mereka.

Menurut Cook, perusahaannya berusaha mendapatkan tools untuk membantu para pengguna tidak bergantung pada HP. Menurutnya terlalu lama melihat layar ponsel pun merupakan sebuah kesalahan.

“Karena filosofi saya adalah jika lebih sering melihat ponsel daripada menatap mata seseorang, Anda melakukan kesalahan,” jelas Cook.

Cook pun mengaku terus melihat laporan seberapa sering dia menatap layar perangkatnya sendiri.

Meski seorang pemimpin raksasa teknologi dan produsen brand smartphone terkenal, Cook kerap mengeluh soal penggunaan telepon. Misalnya pada 2020, dia mengaku telah mengurangi notifikasi aplikasinya setelah screen time ponselnya mencatat sangat tinggi.