Banyak Pengguna iPhone Ganti HP Xiaomi 13, Kok Bisa?

0
269

Sepanjang tahun lalu, iPhone 13 menjadi HP yang paling laku di pasar global. Setidaknya begitu menurut laporan firma riset Counterpoint dan Display Supply Chain Consultants (DSCC).

Sementara itu, industri HP China sedang anjlok parah. Xiaomi kena pukulan paling berat dengan penurunan penjualan 22,8% pada Q4 2022.

Di tengah fakta tersebut, CEO Xiaomi Lei Jun malah mengungkap klaim mengejutkan beberapa saat lalu. Ia percaya diri mengumbar bahwa pengguna iPhone banyak yang beralih ke Xiaomi 13, dikutip dari Gizchina .

Migrasi tersebut, kata dia, karena spesifikasi Xiaomi 13 yang dinilai lebih mumpuni, utamanya pada sektor baterai.

Dia menjelaskan banyak pengguna iPhone 12 yang beralih ke ponsel milik perusahaannya. Perusahaan memang menargetkan iPhone sebagai pembanding Xiaomi 13. Namun saat peluncuran, Xiaomi membandingkan HP flagship-nya itu dengan iPhone 14 Pro.

Saat diuji, ketahanan baterai Xiaomi 13 diklaim mencapai 1,37 hari. Ini berhasil melampaui yang didapatkan iPhone 14 Pro Max yakni 1,28 hari.

Pengisian daya cepat Xiaomi 13 juga lebih unggul. Meski tak sebesar ponsel Android lainnya, perusahaan telah membekali ponsel tersebut dengan fast charging sebesar 67 W atau jauh lebih besar dari iPhone 14 Pro yang hanya 27W.

Perbedaan lain yang jadi sorotan pengguna adalah terkait sinyal ponsel. Xiaomi 13 disebut memberikan sinyal sangat baik di ruang dan di area gedung manapun.

Selain itu MIUI 14 juga memberikan pengguna pengalaman pengoperasian yang lancar dan menjadi alasan faktor ‘migrasi’ mereka.

Terakhir soal chipset. Xiaomi dibekali Qualcomm 8 Gen 2 yang diklaim jauh lebih unggul dari yang dimiliki ponsel Apple lainnya.

Menurut catatan Gizchina, performa puncak GPU Qualcomm 8 Gen 2 lebih dari A16 mencapai 25% lebih banyak. Chipset Qualcomm itu menjadi GPU terkuat yang ada di industri saat ini.