Ciri Akun Facebook Dihack Orang dan Cara Kembalikan

0
376

Akun Facebook kamu dihack orang? Tenang, ada beberapa cara untuk mengembalikannya lagi.

Cerita soal akun Facebook yang diretas memang sering terdengar. Perkembangan teknologi dimanfaatkan banyak orang tidak bertanggung jawab untuk meretas akun pengguna Facebook dalam rangka mendapatkan keuntungan peribadi.

Berikut ini cara untuk mengembalikan akun Facebook yang diretas:

1. Cek Email

Jika tidak bisa login, periksa email yang terdaftar. Facebook akan mengirimkan email saat ada aktivitas mencurigakan di akun penggunanya. Selain itu bisa juga menekan tombol ‘Lupa Kata Sandi’ apabila tak bisa masuk dengan email dan password yang diatur sebelumnya.

2. Ganti Password

Lakukan cara ini agar akun tidak bisa lagi dibobol oleh peretas. Pastikan untuk mengatur password yang lebih aman dan sulit dibobol. Facebook juga memberikan sejumlah kriteria membuat kata sandi:

  • Mudah diingat, namun sulit ditebak orang lain
  • Berbeda dari password pada akun lain seperti email atau akun bank
  • Password lebih panjang umumnya lebih aman
  • Tidak boleh menggunakan nama email, nomor telepon atau tanggal lahir
  • Pakai paduan huruf besar dan kecil

3. Pulihkan Akun Facebook

Jika masih tidak bisa mengakses akun Facebook meski sudah ganti password, lakukan langkah untuk memulihkan akun Facebook. Caranya dengan mengunjungi laman facebook.com/login/identify.

Langkah berikutnya adalah cara akun berdasarkan nama, email, atau nomor ponsel yang terdaftar. Berikutnya ikuti setiap langkah yang diberikan hingga akun bisa diakses kembali.

4. Minta Bantuan Keluarga atau Teman

Kamu juga bisa meminta bantuan keluarga atau teman Facebook untuk membuka akun tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Cari akun berdasarkan nama, email, atau nomor telepon yang terdaftar
  • Klik ikon tiga titik di bawah profil dan pilih opsi ‘Cari Dukungan atau Laporkan Profil’
  • Pilih opsi ‘Saya Tidak Dapat Mengakses Akun Saya’ dan klik ‘Selanjutnya’
  • Klik pilihan ‘Recover This Account’ dan pilih ‘Akun ini Tidak Lagi Dapat Diakses’
  • Masukkan email dan password yang diubah lalu klik ‘Selanjutnya’
  • Facebook akan meminta melakukan sejumlah langkah untuk melakukan verifikasi dengan bantuan keluarga atau teman Facebook

5. Laporkan Akun

Laporkan akun jadi cara terakhir jika kamu tak bisa mendapatkan akun kembali dengan empat cara sebelumnya. Pertama kunjungi dulu lama facebook.com/hacker dan pilih opsi ‘Akun Saya Dibobol’ dan lakukan langkah-langkah yang diminta Facebook

Ciri Akun Dihack

Kamu bisa mengetahui akun kena retas dengan melakukan deteksi dini. Ada sejumlah ciri-ciri yang bisa kamu cek sebelumnya.

Dengan mengeceknya, kamu dapat mengambil tindakan lebih cepat untuk menyelamatkan akun tersebut. Berikut beberapa tanda akun Facebook telah dihack:

1. Email atau Password Berubah

Jika akun diretas, maka akan ada pemberitahuan jika email dan password yang terdaftar telah diubah. Jika kamu tidak merasa melakukannya, bisa jadi ini merupakan ulah dari hacker dan dilakukan agar kamu tak bisa mengakses akun Facebook.

2. Nama atau Informasi Facebook Berubah

Selain email atau password, peretas juga kemungkinan akan mengubah nama atau informasi dalam akun. Dengan begitu pengguna akan kesulitan melacak akun yang dimilikinya.

3. Mengirimkan Permintaan Pertemanan Pada Orang Tidak Dikenal

Pertanda lain adalah akun tiba-tiba minta izin berteman dengan orang yang kamu tak kenal sebelumnya. Karena biasanya, pengguna Facebook hanya berteman dengan orang-orang yang dikenal juga di kehidupan nyata.

4. Mengirim Pesan yang Tidak Ditulis Pengguna

Hacker juga bisa mengirimkan pesan aneh ke pengguna lain, padahal kamu tidak pernah melakukan hal tersebut.

5. Postingan yang Tidak Dibuat

Sama seperti sebelumnya, hacker mungkin akan mengunggah postingan seperti status tidak jelas atau konten tidak senonoh. Padahal postingan itu tidak pernah kamu buat.