Tak Cuma Sehat, Tapi 8 Buah Ini Bisa Meredakan Stres

0
185

Buah ternyata mampu meredakan stres. Simak rekomendasi buah untuk meredakan stres.

Studi dari Edith Cowan University (ECU) menemukan buah dan sayur berhubungan dengan stres yang lebih rendah. Seperti dilansir dari Times of India, peneliti menemukan orang yang mengonsumsi setidaknya 470 g buah dan sayur per hari mampu menurunkan 10 persen tingkat stres.

Sudah makan buah hari ini? Rupanya ada buah-buah yang memang ampuh meredakan stres. Simak daftar buah yang ternyata bisa bermanfaat untuk menghilangkan stres berikut ini.

Buah meredakan stress

1. Alpukat

Alpukat kaya akan asam lemak omega 3 yang sehat buat fisik dan psikis Anda. Asam lemak satu ini memang mampu meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan fokus dan mood.

Buah satu ini pun bisa disantap begitu saja atau dijadikan teman makan roti panggang alias avocado toast.

2. Jeruk

Vitamin C pada jeruk tak hanya bisa diandalkan buat flu tapi juga stres. Merasa stres atau cemas? Coba makan jeruk. Kenapa?

Seperti dilansir dari Redbook Magazine, vitamin C mampu meredakan inflamasi sehingga mampu memberikan sinyal pada otak untuk setop membanjiri sistem dengan kortisol alias hormon stres.

3. Blueberry

Blueberry dikenal sebagai sumber antioksidan yang baik. Banyak yang menyebut buah ini salah satu superfood dan layak masuk dalam diet harian.

“Saat stres, ada pertarungan di dalam tubuh. Antioksidan dan fitonutrien pada beri melawan mempertahankan tubuh Anda, membantu meningkatkan respons tubuh terhadap stres,” jelas Heather Mangieri, jubir Academy of Nutrition and Dietetics, seperti dilaporkan Health.

4. Ceri

Bentuknya memang mini tapi ini termasuk buah meredakan stress. Melansir dari Good Housekeeping, ceri mengandung antioksidan termasuk quercetin yang mampu mendorong perasaan tenang.

5. Kiwi

Satu buah kiwi sepertinya mampu membantu Anda melewati hari yang berat. Kandunga duo vitamin C dan E ditambah asam folat pada kiwi mampu melawan stres oksidatif yang mampu memicu penyakit kronis.

Nutrisi ini juga mampu mendorong produksi hormon serotonin alias hormon bahagia.

6. Lemon

Sebelum memulai hari yang penuh stres, coba minum secangkir air hangat plus perasan lemon.

Menurut Andrea Moss, holistic nutrition coach, air akan menstimulasi usus untuk bergerak dan membuang ‘sampah’ dari tubuh. Sementara lemon akan memberikan tubuh terapi asam agar tubuh ‘menyala’ dan memulai hari dengan fokus.

7. Apel

Sebutir apel akan menjauhkan Anda dari stres. Sediakan apel untuk camilan atau makan selingan antara sarapan dan makan siang. Kandungan fitonutrien pada apel akan mendorong produksi neurotransmitter antidepresan. Tambahkan nutrisi lain seperti kalsium dari susu untuk memberikan efek pereda stres.

8. Pisang

Pisang juga harus masuk dalam daftar buah meredakan stress. Pisang banyak mengandung vitamin B6 yang mendorong produksi serotonin.

Untuk memberikan rasa sekaligus manfaat tambahan, nikmati bersama selai almond. Selai ini memberikan protein dan lemak sehat yang mampu menstabilkan kadar gula darah.

Sumber : CNN [dot] COM