10 Penyakit yang Bisa Tercium dari Bau Badan Kamu, Waspada!

0
154

Setiap orang terkadang memiliki kasus bau badan yang tidak sedap atau bau napas yang tidak sedap. Hati-hati ada penyakit dari bau badan yang bisa dikenali.

Ini memalukan, tetapi mudah disembuhkan dengan mandi cepat atau berkumur dengan obat kumur.Tapi apa yang Anda lakukan jika baunya tetap ada – atau berasal dari tempat yang lebih pribadi?

Baca terus untuk mengetahui bau umum yang menandakan penyakit dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mencegahnya. Banyak bau badan yang normal, tetapi jika bau tersebut membuat Anda kotor, itu bisa menandakan penyakit.

“Penyakit mengubah keseimbangan bahan kimia dalam tubuh,” jelas William Hanson, profesor anestesiologi dan perawatan kritis di University of Pennsylvania Health System di Philadelphia.

Bahan kimia tersebut dapat memicu perubahan kecil pada aroma napas, urine, dan cairan tubuh lainnya.

Penyakit Bau Badan:

1. Bau di pusar

Penelitian menunjukkan mungkin ada sebanyak 70 jenis bakteri di pusar Anda.Tapi bau juga bisa menjadi tanda infeksi.Misalnya, tindik pusar yang terinfeksi mungkin berbau busuk.

Jika Anda menderita diabetes, lebih mudah terkena infeksi.Jika Anda memotong atau mengikis pusar Anda, itu bisa terinfeksi.Keputihan yang berbau adalah gejalanya.

2. Bau Telinga

Bau di telinga juga jadi salah satu penyakit bau badan. Kotoran telinga adalah normal.Namun jika mulai berbau atau terlihat keluarnya cairan, bisa jadi itu tanda infeksi atau ada sesuatu yang menempel di telinga Anda.

3. Bau mulut

Penyakit bau badan lainnya bisa tercium dari bau mulut. Bangun dengan bau mulut adalah hal yang normal lantaran tubuh mengeluarkan lebih sedikit air liur, atau ludah, saat tidur.

Air liur membantu menghilangkan bakteri penyebab bau, sehingga napas Anda mungkin juga berbau tidak sedap saat Anda lapar atau dehidrasi. Itu karena mengunyah memberi sinyal pada tubuh untuk membuat air liur.

Tidak minum cukup air memperlambat prosesnya. Makanan seperti bawang putih dan bawang merah juga bisa menyebabkan bau mulut.

Perubahan napas Anda bisa menjadi gejala dari beberapa kondisi kesehatan, ini termasuk infeksi sinus, penyakit gusi, dan refluks asam. Sindrom Sjogren, penyakit autoimun, menyerang kelenjar yang membuat air mata dan air liur.

Bau juga tergantung pada masalah medis. Misalnya, penyakit gusi dapat mengeluarkan bau logam, sedangkan diabetes dapat membuat napas Anda berbau buah.

4. Tinja

Kotoran secara alami berbau karena bakteri dan senyawa. Namun jika baunya lebih buruk dari biasanya dan disertai gejala lain seperti diare, kram perut, atau mual, bisa jadi itu pertanda infeksi. Bakteri, virus, dan parasit tertentu dapat menyebabkan penyakit perut.

Giardiasis adalah jenis diare yang memicu kotoran berbau tidak sedap. Parasit giardia, biasanya ditemukan di air dan makanan yang tidak diolah, menyebabkannya.

Setiap orang terkadang memiliki kasus bau badan yang tidak sedap atau bau napas yang tidak sedap. Hati-hati ada penyakit dari bau badan yang bisa dikenali.

5. Ketiak

Olahraga, kegugupan, dan terlalu panas semuanya bisa menyebabkan keringat. Keringat sendiri tidak memiliki bau, namun bila bercampur dengan bakteri di kulit Anda, waspadalah.Antiperspiran, yang mengontrol keringat, biasanya mengatasi masalah.
Begitu juga dengan deodoran, yang membantu menghilangkan bau.Beberapa produk over-the-counter melakukan keduanya.Antiperspirant dengan kekuatan resep juga bisa menjadi pilihan.

6. Kencing

Ini adalah campuran air dan limbah sisa dari ginjal Anda.Kencing yang sebagian besar air memiliki sedikit atau tidak berbau.Namun jika Anda sering mencium bau amonia, itu tandanya Anda perlu banyak minum air putih.

Makanan tertentu, seperti asparagus, bisa mengubah bau kencing Anda.Suplemen juga bisa.Menambahkan air dan cairan bebas kafein lainnya sudah cukup untuk membuat Anda kembali ke jalur semula.

Anda mungkin perlu menghubungi dokter jika tercium bau aneh. Infeksi saluran kemih (ISK), radang kandung kemih, dan diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol dapat memicu bau yang tidak biasa. Begitu juga gangguan metabolisme, ketoasidosis diabetik (komplikasi diabetes), dan fistula gastrointestinal-kandung kemih juga bisa jadi penyakit bau badan.

7. Paha

Mengutip WebMD, beberapa orang banyak berkeringat di selangkangan, di situlah paha dan perut bagian bawah bertemu. Buat pria, di area ini testis bisa bergesekan dengan kulit dan memicu keringat, itu bisa menyebabkan bau badan.

8. Penis

Jika Anda tidak disunat, sel kulit mati dan cairan dapat menumpuk di kulup Anda.

Penumpukan ini menjadi zat berbau seperti keju yang disebut smegma. Membersihkan penis Anda setiap hari dapat menghentikan hal ini terjadi. ISK juga dapat menyebabkan bau.

9. Bau Kaki

Banyak keringat dan memakai sepatu yang sama setiap hari bisa menyebabkan bau kaki. Mencucinya dengan sabun antibakteri dan mengeringkannya sepenuhnya dapat membantu. Anda juga bisa menaburkan bedak penyerap atau menggunakan antiperspirant di kaki Anda.

Membasahi kaki dengan cuka atau garam Epsom juga membantu. Penting juga untuk memberi sepatu Anda kesempatan untuk mengering. Menyemprotnya dengan disinfektan membunuh bakteri penyebab bau.

10. Bau Vagina

Penyakit bau badan lainnya bisa tercium dari vagina. Jika vagina Anda memiliki bau yang aneh akan berisiko menyebabkan penyakit.

Bau amis atau busuk yang tidak kunjung hilang bisa menjadi tanda infeksi atau kondisi lain – terutama jika disertai rasa gatal, perih, atau keluarnya cairan.Vaginosis bakterial, yang disebabkan oleh terlalu banyak bakteri normal, adalah alasan yang paling umum.Infeksi menular seksual (IMS) trikomoniasis juga menyebabkan bau.

IMS lain, seperti klamidia dan gonore, biasanya tidak berbau. Meski kurang umum, kanker serviks atau vagina juga bisa mengubah bau vagina Anda.

Sumber : CNN [dot] COM