5 Minuman Penderita Gerd yang Disarankan

0
199

Jika Anda menderita refluks asam, Anda mungkin ingin menghindari minuman yang memperburuk gejala Anda. Ada beberapa minuman penderita gerd yang disarankan.

Memilih opsi nonacidic seperti susu nabati, air, teh herbal, dan smoothie dapat mengurangi gejala.

Apa Itu Refluks Asam Alias Gerd? 

Refluks asam dan penyakit gastroesophageal reflux (GERD) dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan. Ini dapat menyebabkan gejala tidak nyaman seperti mulas dan regurgitasi asam.

Jika Anda menderita refluks asam atau GERD, makanan dan minuman tertentu dapat memperburuk gejala Anda.

Gejala refluks asam dan GERD dapat meliputi:

– maag
– batuk
– mual
– bersendawa
– sakit tenggorokan
– regurgitasi
– suara serak

Istilah “refluks asam” dan “GERD” sering digunakan secara bergantian, tetapi memiliki arti yang berbeda. Refluks asam mengacu pada gejala yang terjadi sesekali, sedangkan GERD didefinisikan sebagai refluks asam yang berulang secara kronis.

Ini dapat terjadi jika Anda memiliki sfingter esofagus bagian bawah yang lemah atau tidak berfungsi yang memungkinkan asam lambung mengalir ke belakang ke kerongkongan. Seiring waktu, GERD yang tidak diobati dapat menyebabkan peradangan atau kerusakan pada kerongkongan.

Minuman untuk Penderita Gerd:
Minuman tertentu mungkin tidak menyebabkan gejala refluks asam, sedangkan minuman lain dapat membantu meredakan gejala yang Anda alami.

Minuman seperti kopi, soda, dan jus asam dapat meningkatkan risiko atau keparahan gejala refluks. Jadi, apa yang sebaiknya Anda minum? Ada banyak pilihan yang kemungkinan tidak akan memicu refluks Anda dan bahkan dapat membantu mengurangi gejala.

1. Teh Herbal

Teh herbal dapat membantu memperbaiki pencernaan dan menenangkan masalah perut, seperti gas dan mual.

Beberapa minuman penderita gerd yang bisa dinikmati antara lain teh kamomil, teh licorice, teh jahe.

Licorice dapat membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus, yang dapat membantu mengurangi efek aliran balik asam lambung. Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa formula herbal termasuk licorice deglycyrrhizinated memberikan kelegaan dari gejala GERD secara konsisten lebih baik daripada antasida biasa.

Teh jahe memiliki khasiat antiradang dan dapat membantu meredakan mual, menurut a Ulasan 2019 dari penelitian.

Namun, masih ada ruang untuk penelitian lebih lanjut untuk memastikan keefektifan teh herbal, termasuk adas, akar marshmallow, dan teh pepaya.

Saat menggunakan herba kering sebagai ekstrak dalam teh, disarankan untuk menggunakan 1 sendok teh herba per 1 cangkir air panas. Curam daun atau bunga tertutup selama 5 sampai 10 menit. Jika Anda menggunakan akar, rendam selama 10 hingga 20 menit. Untuk hasil terbaik, Anda bisa minum 2 hingga 4 cangkir per hari.

Namun, Anda mungkin ingin menghindari teh peppermint, karena mint sebenarnya dapat memicu gejala refluks asam pada beberapa orang.

2. Susu Rendah Lemak atau Skim

Mengutip Prevention, susu sapi mungkin sulit dicerna oleh sebagian orang. Susu murni dapat mengandung banyak lemak. Mengonsumsi susu sapi berlemak penuh dan makanan berlemak tinggi lainnya dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala refluks, menurut a Ulasan penelitian tahun 2019.

Jika Anda memilih untuk memasukkan produk susu sapi ke dalam makanan Anda, pertimbangkan untuk memilih pilihan susu dengan kandungan lemak lebih rendah.

3. Susu nabati

Mengutip Healthline, bagi orang dengan intoleransi laktosa atau mereka yang mengalami peningkatan gejala refluks asam akibat mengonsumsi produk susu, susu nabati mungkin merupakan alternatif yang baik. Ada berbagai macam produk yang tersedia, antara lain: susu kedelai, susu kacang mete, susu gandum, susu almond.

Susu kedelai dan susu nabati lainnya memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan kebanyakan produk susu, menjadikannya pilihan yang lebih aman bagi manusia.

4. Greek Yogurt rendah lemak

Ini adalah pilihan yang keren dan lembut yang dapat membantu melawan keasaman lambung. Produk susu rendah lemak memiliki tingkat pH yang lebih rendah.

“Yang membantu menetralkan asam lambung dan bertindak sebagai pelapis di kerongkongan dan perut untuk meredakan ketidaknyamanan,” kata Bradee Rojas, koordinator program bedah metabolik dan bariatrik di Inspira Health.

Julie Stefanski, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics, menambahkan bahwa ini adalah sumber protein yang baik untuk penyembuhan saluran pencernaan. Kalsium yang ditemukan dalam produk susu juga dapat membantu memicu penutupan sfingter esofagus bagian atas, yang Anda inginkan untuk menghentikan refluks asam.

Tapi tidak semua yogurt diciptakan sama. “Hati-hati dengan produk susu berlemak penuh, termasuk es krim, karena makanan berlemak tinggi dapat memperburuk refluks,” tambah Rojas.

5. Cuka Sari Apel

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efek pengurangan gangguan pencernaan cuka sari apel, beberapa orang bersumpah dengan sesendok untuk menjinakkan mulas. Ini adalah probiotik, yang mungkin menjadi alasan mengapa ini bekerja untuk sebagian orang.

Itulah beberapa minuman penderita gerd yang bisa dicoba untuk meredakan asam lambung yang mengamuk.

Sumber : CNN [dot] COM