Satelit SATRIA-1 Dilepas ke Orbit, Kapan Bisa Digunakan Internetan?

0
134

Satelit Republik Indonesia (SATRIA-1) berhasil mengorbit setelah dilepaskan dari Roket Falcon 9 milik SpaceX. Meski demikian, satelit itu baru bisa digunakan di awal 2024 lantaran mesti menjalani berbagai tes.

Berdasarkan pantauan dari siaran langsung peluncuran satelit di YouTube Kementerian Komunikasi dan Informatika, satelit berbentuk kotak tersebut dilepaskan dari Falcon 9 pada Senin (19/6) pukul 05.59 WIB.

Pelepasan berlangsung mulus dengan satelit yang tampak menjauh perlahan dari kamera yang dipasang di wahana. SATRIA-1 pun menempati orbit 146 derajat Bujur Timur.

Satelit ini memiliki kapasitas throughput 150 miliar bit per second (Gbps) atau tiga kali lipat dari kapasitas sembilan satelit telekomunikasi yang digunakan Indonesia. Teknologinya disebut High Throughput Satellite (HTS).

CEO PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso mengatakan SATRIA-1 tidak bisa langsung digunakan untuk internetan secara luas begitu sampai di orbit. Ia mengatakan perlu 145 hari setelah peluncuran buat pengetesan.

“Ini satelit termasuk satelit yang modern sekali sehingga mempergunakan electric propulsion untuk ke orbit dari titik satelit itu dilepaskan oleh peluncur,” ujar dia, Selasa (13/6).

“Itu kita butuhkan 145 hari, maka dari itu dari Juni peluncuran tanggal 19 sampai di tempat orbit itu November, kita akan tes satelitnya dulu dan kita tes seluruh sistemnya sehingga bisa dimanfaatkan kira-kira pada akhir Desember ini dan sudah siap untuk dimanfaatkan layanannya pada Januari,” sambung Adi.

Sebelumnya, satelit internet pertama milik Pemerintah Indonesia ini diluncurkan tanpa insiden ke angkasa pada Minggu (18/6) pukul 18.21 waktu setempat atau Sabtu (19/6) pukul 05.21 WIB dari Cape Canaveral Space Lauch Complex 40 (SLC 40), Florida, Amerika Serikat.

Waktu ini mundur sekitar 15 menit dari jadwal aslinya yang disiapkan mulai 18.04 waktu setempat. Peluncuran roket ini terbilang cukup singkat sekitar 10 menit, terdiri dari dua tahapan dan untuk tahapan pertama telah selesai pada 18.30 EDT.

Sumber : CNN [dot] COM