5 Manfaat Teh Hitam, Bisa Mengurangi Risiko Kematian!

0
129

Banyak orang mungkin bukan penggemar teh hitam yang pekat dan gelap. Padahal ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat saat mengonsumsi teh hitam.

Kandungan antioksidan yang tinggi, membuat teh hitam aman dikonsumsi sehari-hari.

Teh ini juga memiliki rasa yang cukup kuat. Kandungan kafein dalam teh jenis ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan teh lain. Namun tetap lebih rendah jika dibandingkan dengan kafein pada kopi.

Teh hitam berasal dari tanaman Camellia sinensis. Biasanya dicampur dengan tanaman lain untuk memberikan sensasi rasa yang berbeda. Misalnya, earl gray hingga chai.

Manfaat teh hitam

Anda perlu tahu berbagai kebaikan yang bisa didapat dari mengonsumsi teh hitam berikut ini:

1. Membuat lebih fokus

Kandungan kafein dalam teh hitam memang cukup tinggi. Selain itu, melansir Healthline, kandungan asam amino yang dikenal dengan sebutan L-theanine juga cukup tinggi. Kedua kandungan ini bisa meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

L-theanine bisa meningkatkan aktivitas alfa di otak. Menghasilkan relaksasi dan fokus yang lebih baik. Bahkan, sejumlah penelitian menyebutkan bahwa minuman yang mengandung zat ini ditambah dengan kafein memiliki dampak besar pada fokus karena efek L-theanine pada otak.

2. Mengurangi risiko terkena kanker

Senyawa lain yang terdapat dalam teh hitam adalah polifenol. Senyawa ini bisa membantu memperlambat perkembangan jenis kanker tertentu dan meningkatkan kematian sel kanker.

Sebuah tinjauan penelitian telah mengamati efek teh pada risiko kanker. Hasilnya disimpulkan bahwa minum teh hitam dikaitkan dengan menurunnya risiko terkena kanker mulut.

Risiko berkurangnya kanker lain juga muncul, misal kanker saluran pencernaan, payudara, ovarium, paru-paru, hingga tiroid. Meski memang penelitian lebih mendalam masih harus dilakukan untuk meninjau lebih jauh soal manfaat teh hitam ini.

3. Meningkatkan kesehatan jantung, kolesterol berkurang

The aflavin pada teh hitam bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Senyawa ini akan menyerap kolesterol dan membuangnya melalui sistem pencernaan.

Melansir Cleveland Clinic, teh hitam juga mengandung flavonoid yang disebut quercetin. senyawa ini bisa meningkatkan kesehatan jantung dengan menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan fleksibel. Hal ini juga menjelaskan, jika Anda mengonsumsi teh hitam tiga gelas sehari selama enam bulan maka tekanan darah akan lebih terkontrol.

4. Mengurangi risiko terkena stroke

Ketika penyumbatan terjadi pada pembuluh darah, otak bisa kehilangan kemampuan bekerja. Hal ini dimulai dengan stroke yang terjadi pada seseorang. Anda bisa mencegahnya dengan rutin mengonsumsi teh hitam.

Menukil UCLA Health, studi menunjukkan bahwa minum teh setidaknya dua cangkir setiap hari bisa mengurangi risiko stroke sebesar 16 persen dibandingkan dengan orang yang tidak minum teh hitam.

5. Mengurangi risiko kematian akibat berbagai penyebab

Manfaat teh hitam lainnya adalah membuat usia Anda lebih panjang. Hal ini bisa terjadi jika Anda rutin minum dua cangkir teh setiap hari.

Dengan melakukan itu, risiko kematian akibat penyebab apapun bisa turun hingga 13 persen. Semakin banyak minum teh maka semakin rendah mengalami berbagai penyakit risiko kematian tinggi. Misal, penyakit jantung, stroke, hingga kanker.

Sumber : CNN [dot] COM