Cara Membuat Masker Jeruk Nipis, Bikin Wajah Super Glowing

0
255

Jeruk nipis memiliki banyak khasiat, baik saat dimakan atau hanya dijadikan masker wajah biasa. Tak cuma itu, cara membuat masker dari jeruk nipis juga cukup mudah.

Jeruk nipis merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit cerah dan bersih. Melansir Be Beautiful, hal ini karena kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup kuat pada buah ini bisa membantu mengurangi sekaligus mencegah hiperpigmentasi.

Jeruk nipis juga bisa menenangkan kulit yang terpapar polusi, stres atau pola makan yang buruk yang berdampak pada kulit. Caranya mudah, cukup gunakan jeruk nipis sebagai salah satu bahan masker wajah.

Berikut cara membuat masker dari jeruk nipis yang mudah dan bisa dilakukan di rumah:

Cara membuat masker jeruk nipis:

1. Masker jeruk nipis dengan campuran madu

Jeruk nipis atau lemon kaya akan AHA dan BHA. Keduanya bisa mengangkat sel kulit mati, komedo, jerawat, dan bisa mencerahkan kulit. Di sisi lain, madu memiliki sifat melembabkan dan antibakteri yang menyejukan dan bisa menenangkan kulit.

Masker dari campuran lemon atau jeruk nipis dan madu bisa membantu Anda mendapatkan kulit segar, bersih, dan cerah dari waktu ke waktu.

Bahan:
– Perasan dari satu buah lemon atau jeruk nipis
– Satu sendok makan madu
– Mangkuk untuk mengaduk

Cara membuat:
– Campur semua bahan dalam mangkuk, aduk hingga merata.
– Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan secara merata.
– Biarkan selama 15-20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan kegiatan ini setiap 3-4 hari.

2. Campuran jeruk nipis dan kunyit

Campuran jeruk nipis dan kunyit yang dijadikan masker bisa mencerahkan dan membantu menghilangkan tekstur kulit yang tampak lelah dan kusam. Melansir Makeup and Beauty, baik jeruk nipis maupun kunyit mengandung bahan pencerah yang bisa membuat kulit lebih bercahaya dan bersih segar.

Jika digunakan teratur, masker ini bisa membantu meringankan bintik-bintik gelap dan memberikan warna kulit merata. Berikut cara membuatnya:

– Peras jeruk nipis ke dalam mangkuk, ambil sekitar empat sendok hasil perasaan tersebut
– Tambahkan setengah sendok makan kunyit bubuk ke dalam mangkuk, campurkan dengan perasaan jeruk nipis
– Tambahkan dua sendok makan madu, aduk rata hingga tampak seperti pasta yang agak cair.
– Aplikasikan ke wajah, tunggu hingga 15-20 menit. Bilas dengan air jika sudah.

Jeruk nipis memiliki banyak khasiat, baik dimakan atau hanya dijadikan masker wajah biasa. Tak cuma itu, cara membuat masker dari jeruk nipis juga cukup mudah.

3. Masker jeruk nipis dengan putih telur

Air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur sangat cocok untuk mereka yang memiliki masalah kulit berminyak. Melansir Bellatory, putih telur diyakini mampu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori besar. Hal ini bisa mengurangi sebum di wajah.
Putih telur juga bisa menciptakan pH yang bisa mencegah sari jeruk nipis mengiritasi jerawat di wajah. Berikut cara membuatnya:

– Satu buah putih telur
– Setengah sendok teh air perasaan jeruk nipis

Cara membuat:

Satukan semua bahan dalam mangkuk kecil, kocok hingga putih telur mengeluarkan busa. Setelah itu, cara membuat masker jeruk nipis bisa langsung diaplikasikan ke wajah sambil dipijat lembut. Tunggu 10-15 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air hangat.

Sumber : CNN [dot] COM