7 Cara Menyembuhkan Batuk dengan Bahan Alami, Pakai Madu hingga Kunyit

0
152

Batuk tentu saja terasa tidak nyaman, apalagi di saat polusi udara yang sedang tinggi-tingginya. Tak perlu buru-buru ke dokter, ada sejumlah cara menyembuhkan batuk dengan bahan-bahan alami.

Bahan alami rumahan bisa dimanfaatkan sebagai cara menyembuhkan batuk. Bahan-bahan ini tergolong aman, mudah ditemukan, dan efektif untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Sebenarnya, batuk adalah respons alami tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan. Menukil Mayo Clinic, batuk adalah respons tubuh terhadap iritasi.

Meski demikian, batuk membuat siapapun penderitanya merasa tidak nyaman.

Melansir berbagai sumber, berikut ini sejumlah cara menyembuhkan batuk dengan bahan alami. Bahan-bahan ini mudah Anda temukan di pasar dan mudah pula diolahnya.

1. Madu

Melansir Medical News Today, madu merupakan bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan batuk. Dalam studi yang dilakukan pada 2021, peneliti melihat efek penggunaan madu untuk mengobati batuk pada infeksi saluran pernapasan.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa madu lebih unggul dari perawatan biasa, baik dalam meredakan maupun mencegah batuk.

Bahkan madu juga dapat meredakan batuk lebih efektif dibandingkan obat-obatan yang mengandung dekstrometorfan. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

2. Jahe

Fresh ginger root on the wooden table

Cara menyembuhkan batuk selanjutnya adalah konsumsi jahe. Jahe mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma.

Jahe dipercaya dapat mengendurkan otot-otot saluran napas. Selain itu, jahe juga dapat meredakan rasa mual dan nyeri.

Dalam jurnal yang dipublikasi pada 2015 menunjukkan bahwa senyawa antiradang pada jahe dapat melemaskan membran di saluran udara sehingga membuat intensitas batuk berkurang.

Anda bisa membuat minuman dari jahe untuk mengatasi batuk. Caranya dengan menyeduh 20-40 gram irisan jahe ke dalam secangkir air panas.

Kemudian diamkan selama beberapa menit, lalu tambahkan madu dan perasaan lemon untuk meningkatkan khasiatnya.

3. Minum air hangat

Minum segala jenis cairan, terutama yang hangat, seperti air panas, sup ayam, dan teh, adalah obat rumahan yang baik untuk batuk.

“Banyak orang yang batuk cenderung mengalami dehidrasi,” kata Stephen Russell, pakar kesehatan di University of Alabama menukil Everyday Health.

Selain hidrasi, cairan juga membantu sistem kekebalan Anda melawan sumber infeksi atau virus yang mungkin menyebabkan batuk Anda, dan meredakan sakit tenggorokan yang biasa terjadi pada batuk.

4. Uap

Untuk batuk jenis basah yang menghasilkan lendir atau dahak, Anda dapat menggunakan uap untuk meredakannya.

Caranya dengan mandi air hangat atau menghirup uap air dalam wadah panas, Anda juga dapat menambahkan minyak esensial seperti kayu putih atau rosemary ke dalam air hangat tersebut.

Kemudian hirup uapnya selama beberapa 10-15 menit sampai gejala batuk mereda. Jangan lupa meminum segelas air setelahnya agar tidak dehidrasi.

Meski demikian, penelitian yang dilakukan National Library of Medicine pada 2017 menunjukkan bahwa uap air panas tidak secara nyata dapat memperbaiki gejala batuk beberapa orang.

5. Peppermint

A transparent bottle of peppermint essential oil with blooming peppermint twigs

Melansir Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa peppermint dapat membantu mengatasi batuk.

Mentol yang terdapat dalam peppermint memang tidak dapat meredakan gejala tetapi orang yang menghirup uapnya akan merasa lebih baik.

Kandungan mentol dalam peppermint dapat menenangkan tenggorokan dan bertindak sebagai dekongestan atau pemecah lendir.

Anda dapat menggunakan peppermint untuk obat batuk alami dengan meminum teh peppermint atau menghirup uap yang ditambah dengan minyak esensial peppermint.

6. Thyme

Tak hanya sebagai bumbu masakan, thyme juga dapat dimanfaatkan sebagai obat untuk mengatasi batuk.

Penelitian mengenai efektivitas thyme pada 2021 menunjukkan bahwa rempah daun ini dapat mengatasi masalah batuk, bronkitis, dan dapat meningkatkan kualitas hidup. Hal itu berkat kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

Cara mengonsumsinya adalah dengan membuat menyeduh dua sendok teh thyme kering dengan air panas. Lalu biarkan selama 10 menit, saring, dan minum selama beberapa kali dalam sehari.

7. Kunyit

Kunyit telah digunakan secara tradisional untuk banyak penyakit selama bertahun-tahun, termasuk batuk. Senyawa aktifnya, kurkumin, memiliki potensi sifat anti-inflamasi.

Mengkonsumsi kunyit dengan lada hitam bisa membuatnya lebih efektif menyembuhkan batuk. Itu karena piperine, senyawa utama dalam lada hitam, meningkatkan bioavailabilitas kunyit. Ini mendukung penyerapan kunyit oleh tubuh.

Cobalah menyeruput teh kunyit hangat dengan sejumput lada hitam dan sedikit madu untuk rasa manis.

Itulah cara menyembuhkan batuk dengan bahan alami yang bisa dicoba di rumah. Semoga membantu.

Sumber : CNN [dot] COM