Gorila yang Terancam Punah Lahir di Kebun Binatang Philadelphia

0
213
endangered-gorilla

Itu anak laki-laki! Kebun Binatang Philadelphia baru-baru ini menyambut tambahan baru keluarga gorilanya, dengan bantuan dokter yang biasanya merawat manusia.

Sebuah kerja gorila biasanya cepat dan tidak menyebabkan kesusahan bagi sang ibu, menurut pejabat kebun binatang. Namun, penjaga kebun binatang melihat bahwa ibu kandung pertama kali Kira tidak maju dengan cara normal. Ketika gorila dataran rendah barat berusia 17 tahun tumbuh lelah dan menunjukkan gejala rasa tidak sehat, kebun binatang tersebut membawa dokter hewan dan profesional medis lainnya untuk membantu pengiriman menggunakan alat dan prosedur yang standar dalam kelahiran manusia. (Fisiologi manusia dan gorila sangat mirip.)

Tim tersebut berhasil melahirkan gorila bayi yang belum diberi nama, seekor anak sehat seberat 5 kilogram (2 kilogram), pada hari Jumat, 2 Juni. [Foto: Hewan Liar Bayi Terberat di Dunia]

“Tim dokter hewan kami memiliki rencana awal di tempat yang telah kami siapkan untuk skenario seperti ini – dan dalam hal ini rencana, dan keterampilan tim penjaga kami, memungkinkan pengiriman yang aman untuk Kira dan bayinya,” Andy Baker, the Pejabat operasional Philadelphia Zoo, mengatakan dalam sebuah pernyataan. “Ini adalah hari yang penuh cemas dan dramatis di Kebun Binatang, tapi pada akhirnya sangat bermanfaat.”

Kelahiran gorila bayi juga merupakan penyebab perayaan populasi gorila dataran rendah yang terancam punah. Perburuan, penyakit dan hilangnya habitat menyebabkan populasi global di alam liar turun lebih dari 80 persen selama tiga generasi, menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Berbagai upaya konservasi di alam bebas dan penangkaran sedang dilakukan untuk melindungi gorila agar tidak punah. Misalnya, Kebun Binatang Philadelphia adalah bagian dari program Survival Species Survival Plan (SSP) dari Asosiasi Kebun Binatang dan Akuarium. Tujuan SSP adalah untuk melindungi dan mempertahankan populasi spesies yang terancam punah.

Gorila bayi lainnya, Amani, lahir dari ibu yang berbeda (ayah Amani juga ayah dari bayi Kira) di Kebun Binatang Philadelphia pada musim panas yang lalu, yang menurut pejabat kebun binatang telah membantu Kira mempersiapkan diri untuk menjadi ibu.

“Meskipun Kira adalah ibu pertama kalinya, kami tidak heran dia bertindak seperti ahli,” kata Baker. “Dia adalah kakak perempuan yang lebih tua untuk adik-adik dan sangat memperhatikan sementara gorila betina kami yang lain telah mengangkat bayi Amani.”