Australia Memblokir 59 Situs Pembajakan Populer

0
74

Pengadilan federal Australia telah memerintahkan penyedia layanan internet (ISP) untuk memblokir puluhan situs pembajakan yang populer.

Tindakan keras tersebut mencegah pengguna mengakses 59 situs torrent dan streaming ilegal termasuk Demonoid, EZTV, YTS, RARBG, 1337x dan Putlocker.

Sebanyak 160 domain telah diblokir dalam dua perintah, termasuk rute alternatif ke Pirate Bay.

Blokade tersebut diminta oleh studio film Village Roadshow dan penyiar Foxtel di Australia.

Banyak situs pembajakan sudah dilarang di Australia, dengan dua kasus pengadilan baru yang menyebabkan total jumlah domain diblokir di negara tersebut menjadi 340.

Negara ini telah bergulat dengan membatasi kebiasaan warga mengunduh di situs ilegal selama beberapa waktu.

Pada tahun 2014, Jaksa Agung George Brandis mengatakan kepada wartawan bahwa Australia adalah “negara terburuk untuk pembajakan di planet ini”.

Individu yang tertangkap dengan bahan bajakan bisa menghadapi denda hingga $ 117.000 (£ 72.000) – sampai lima kali lipat lebih banyak untuk perusahaan – dan mungkin juga menerima hukuman penjara, menurut situs web pemerintah Australia.

Pada tahun 2016, studio Hollywood di balik film AS Dallas Buyers Club mengumumkan bahwa mereka tidak akan mengejar kasus pembajakan yang diluncurkan terhadap orang Australia yang dituduh mendownload film tersebut secara ilegal.

Studio tersebut mengatakan pada saat itu bahwa mereka telah mengidentifikasi 4.726 alamat IP unik dari mana film tersebut telah dibagikan secara online menggunakan BitTorrent, jaringan file-sharing peer-to-peer.