Ketika Bill Gates ‘Menguliahi’ Donald Trump Soal Virus

0
834

Jakarta, CNN Indonesia — Tak begitu banyak orang yang tahu perbedaan antara HIV dan HPV, tak terkecuali Presiden Amerika Serikat Donald Trump. 

Sebuah video dari MSNBC berisi testimoni Bill Gates mengungkap pertemuan antara sang pendiri Microsoft dan Trump di Gedung Putih. Gates mengaku kala itu datang atas undangan Trump.

Gates bercerita dalam pembicaraan tersebut Trump sempat bertanya kepadanya soal HIV dan HPV.

“Dia ingin mengetahui apakah ada perbedaan antara HPV dan HIV sehingga saya dapat jelaskan pengertian keduanya memang kerap tertukar,” tutur Gates di hadapan pegawai Bill & Melinda Gates Foundation.

Ucapan Gates itu sontak mengundang gelak tawa para pegawai yang menyaksikannya.

HIV sendiri adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus atau virus yang penyebab AIDS. Sementara HPV adalah Human Papilloma Virus yang dapat menyebabkan kanker serviks.

Gates bisa menjelaskan perbedaan kedua virus itu karena ia bukan orang asing di bidang tersebut. Melalui yayasannya, salah satu pria terkaya di dunia ini pernah menyumbangkan US$100 juta pada 2012 dan US$140 juta pada 2016 untuk melawan HIV.

Dari video itu juga diketahui bahwa Gates mendapat tawaran mengisi kursi penasihat presiden untuk bidang sains. Ia lantas menolaknya dengan alasan “bukan cara tepat menghabiskan waktu”.

Sumber : CNN.com