Pengguna Telkomsel mengeluhkan bahwa layanan internet mereka sempat terganggu, Senin (20/11) tengah malam hingga Selasa (21/11) dini hari. Seorang pengguna Telkomsel menyebut bahwa ponselnya mendadak tak bisa berinternet menjelang tengah malam sejak pukul 23.27.
“Saya dan suami berdua pakai Telkomsel dan sama-sama error. Internet ngga jalan sama sekali […] sekitar 15 menit,” jelas Gloria Safyra kepada CNNIndonesia.com, Selasa (20/11).
Ternyata, keluhan serupa juga membanjiri layanan pelanggan Telkomsel di Twitter. Akun resmi Telkomsel berulang kali meminta maaf atas gangguan layanan yang terjadi untuk menanggapi keluhan pelanggan mereka.
Beberapa pengguna mengeluh bahwa mereka sampai mematikan perangkat berkali-kali untuk memastikan bahwa terputusnya internet ini bukan akibat gangguan pada perangkat mereka.
15 menitan gaada internet bolak balik restart hp, keluarin sim card, nyalain hidupin data, airplane mode, mikir nih hp yang ini kenapa lagi sih. Hp yang satu lagi di service yang ini jangan rese kek. Ternyata oh ternyata, inetnya telkomsel yang down 😌😪
— Florensia G. Louhenapessy (@florensia_lou) November 20, 2018
Pengguna lain menyebut bahwa sinyal mereka penuh dengan penanda menunjukkan koneksi 4G, namun mereka tak bisa mengakses internet.
Ini @telkomsel lagi kenapa deh, sinyal full, koneksi 4G tp gak bisa akses internet😑
— DYS~ (@dhiniyunitas_) November 20, 2018
Pengguna lain berspekulasi bahwa gangguan layanan Telkomsel ini terjadi di sejumlah daerah seperti Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Banten.
Beberapa pengguna menyebut bahwa gangguan ini tidak hanya terjadi pada layanan Telkomsel saja. Pengguna indihome dan Indosat juga merasakan kesulitan akses internet.
Ini internet knp lemot semua woy! Wifi, telkomsel, indosat 🙁
— Aazarah Ayu Anggraini (@asayuanggraini) November 20, 2018
internet down semua provider ya tadi? itu jangan2 gegara kabel bawah laut yg kena gangguan kah? soalnya satelit kan ga ada, telkomsel-indihome-indosat kena semua
— Debi Permadi™ (@DebiPermadi) November 20, 2018
Belakangan, akun resmi Telkomsel menjelaskan bahwa kesulitan akses internet yang dialami pelanggannya lantaran operator tersebut tengah melakukan peningkatan sistem layanan mereka. Pengguna disarankan untuk mencoba kembali jaringan Telkomsel mereka secara berkala. Mereka hanya menyebutkan bahwa gangguan ini diharapkan bisa selesai secepatnya.
Mohon maaf atas ketidaknmyamanan. Mengenai keluhan akses internet, saat ini sedang ada peningkatan sistem layanan kami. Diharapkan dapat selesai secepatnya. Silakan restart Hp dan coba kembali secara berkala. Terima kasih. 🙂 -Beny
— Telkomsel (@Telkomsel) November 20, 2018
Hingga berita diturunkan, CNNIndonesia.com telah menghubungi pihak Telkomsel, namun belum mendapat jawaban.
Sumber : CNN [dot] COM