RESOLUSI KESEHATAN 2019

0
65

Tahun baru perlu disambut dengan semangat baru untuk menjalani hidup sehat. Membuat rencana yang tepat diawal tahun untuk bersiap mencapainya.


Apakah anda merasa lebih sehat di akhir tahun? Tahun 2018 sudah akan berakhir maka saatnya mengevaluasi sepanjang tahun dan melakukan rencana untuk tahun 2019. Berikut beberapa kemungkinan rencana sehat yang dapat dilakukan pada tahun 2019.

Berhenti Merokok
Menjadi perokok aktif selama bertahun-tahun, makan bukan hal mudah bagi seseorang untuk menghentika kebiasaan tersebut. Kebiasaan mengkonsumsi nikotin dapat diganti dengan mengkonsumsi permen karet atau permen lain. Meminta dukungan pada keluarga atau teman dalam usaha berhenti menjadi perokok merupakan salah satu bagian yang penting.

Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Rutin
Mengetahui kondisi kesehatan sebelum melakukan perencanaan perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan masalah yang ada. Selain itu juga dapat membantu mengetahui diagnosa lebih awal dan melakukan terapi pengobatan yang tepat.

Mendapatkan VaksinĀ 
Dapatkan vaksin yang dibutuhkan seperti untuk influenza. Vaksin influenza dapat membantu mengurangi resiko terjadinya influenza.

Mengkonsumsi Makanan Sehat
Buat perencanaan makanan dan pilih yang menyehatkan tubuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan produk susu rendah lemak. Untuk mendapatkan lemak dan protein yang sehat, maka dapat dipilih seperti daging sapid an ungags tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan telur. Selain itu, juga perlu mengurangi porsi garam dan gula pada makanan.

Berolahraga Secara Rutin
Melakukan olahraga secara rutin minimal 150 menit dalam seminggu dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Pilihlah jenis olahraga yang tepat disela kesibukan.

Memiliki Tidur yang Cukup dan Berkualitas
Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas dan diabetes tipe 2. Dapatkan tidur yang cukup dan berkualitas selama minimal 7 jam setiap malam.

Mencuci Tangan dengan Tepat
Cuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan antiseptik pada aktifitas sehari-hari untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri atau virus.

Mengurangi Stress
Mengatur stress diperlukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Untuk mengurangi stress, dapat dilakukan dengan melakukan olahraga seperti yoga atau melakukan meditasi.