Cara Hapus Otomatis Foto & Video WhatsApp via Fitur View Once

0
1443
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward

WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur baru yakni View Once. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengirimkan foto dan video yang langsung menghilang setelah dibuka sekali.

Berikut ini cara untuk mengirimkan foto dan video dengan fitur View Once di WhatsApp seperti dikutip Android Central, Rabu (11/8/2021):

  1. Buka platform WhatsApp
  2. Pilih kontak atau chat grup yang ingin dikirimkan foto atau video dengan fitur View Once
  3. Klik tombol lampiran yang ada di bagian bawah layar
  4. Lanjutkan dengan memilih kamera jika ingin merekam video atau mengambil foto terlebih dulu. Selain itu juga bisa mengirimkan media melalui menu Gallery.
  5. Pilih media foto atau video yang ingin dikirimkan
  6. Selanjutnya akan ada ikon One-time dengan simbol angka 1 di bagian bawah foto atau video. Klik ikon itu untuk mengatur media yang dikirim sebagai View Once atau hanya lihat sekali.
  7. Setelah itu akan muncul kontak dialog yang mengatakan foto atau video yang dikirimkan akan hanya bisa dilihat sekali saja, tekan Ok.
  8. Ikon One-time akan berubah menjadi warna hijau, menandakan media yang dikirim akan hanya bisa dilihat sekali saja.
  9. Selanjutnya klik tombol Sent untuk mengirimkan foto atau video tersebut.

Sebagai informasi, media yang dikirimkan dengan fitur View Once ini bekerja sedikit berbeda dengan yang dibagikan biasa di WhastApp. Foto atau video yang dikirimkan dengan View Once tidak muncul sebagai thumbnail pratinjau di kolom chat, namun sebagai notas teks (foto atau video) dengan ikon One-time di sebelahnya.

Setelah media diklik, maka akan terlihat boks dialog yang menyatakan foto dan video akan hilang setelah keluar dari media.

Saat kamu keluar ke kolom chat, maka foto atau video tadi akan otomatis hilang dan tidak bisa dilihat lagi. Akan ada tanda ‘Opened’ pada media tersebut.

Seperti layaknya konten lain yang dikirimkan di WhatsApp, media di View Once tetap akan diamankan dengan end-to-end encryption (hanya pengirim dan penerima yang bisa lihat video dan foto yang dikirim). Fitur juga berfungsi pada chat perorangan maupun grup.

Fitur ini tidak bisa diteruskan atau forward, disimpan, diberi tanda bintang atau dibagikan dengan tanda View Once. Namun penerima pesan bisa melakukan screenshot (tangkapan layar) pada foto atau video yang dikirimkan dengan View Once.