New normal atau kenormalan baru membolehkan kita untuk kembali beraktivitas di luar rumah. Meskipun begitu, kamu juga tetap harus mengikuti protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Untuk menjalani new normal, Google punya cara tersendiri bantu kamu jaga jarak dari orang lain demi mencegah penularan virus corona.

Situs web terbaru yang diluncurkan Google adalah Sodar. Sodar merupakan situs web yang bisa digunakan dengan ponsel Android dan dapat memberitahu penggunanya saat mereka terlalu dekat dengan orang yang berjarak sekitar 2 meter.

Sodar dibuat oleh Google untuk mengakses kamera pada perangkat dan teknologi augmented reality (AR) untuk menentukan jarak 2 meter. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan diri di dalam keadaan new normal.

Bagi kamu yang menggunakan ponsel Android dengan versi Google Crome terbaru bisa mencoba Sodar dengan langkah ini:

1. Buka browser Chrome di ponsel kamu.
2. Masukkan alamat website: sodar.withgoogle.com
3. Akan muncul kotak notifikasi, kemudian pilihlah “Enter AR.”
4. Beri izin untuk akses kamera.
5. Arahkan ponsel ke lantai dan gerakkan hingga beberapa titik putih kecil muncul di lantai.

Setelah berhasil, kamu bisa mencobanya dengan cara berjalan dan angkat telepon sedikit. Kemudian akan muncul lingkaran yang menunjukkan radius dua meter di sekitar pengguna.

Supaya tak repot, kamu bisa menyimpan fitur ini di home screen smartphone milikmu. Caranya adalah dengan menekan tombol titik tiga yang ada di bagian kanan atas Chrome, lalu pilih opsi ‘Add to Home Screen’.