Fitur terbaru dari WhatApp Delete Foto dan Video Otomatis

0
491

Aplikasi berbagi pesan milik Facebook, WhatsApp sedang mengembangkan fitur baru hapus (delete) foto, video, dan GIF secara otomatis. Fitur baru ini diberi nama Expiring Media.

Cara kerja fitur ini adalah pengguna terlebih dahulu mengaktifkan fitur Expiring Media dalam bentuk tombol mirip timer. Setelah foto, video, atau GIF yang dikirimkan akan terhapus secara otomatis setelah penerima pesan membukanya.

Begitu foto, video, dan GIF terhapus akan muncul jejak seperti pesan WhatsApp yang telah dihapus. Keuntungan fitur ini adalah bisa menghemat ruang penyimpanan ponsel dan memastikan foto atau video tersebar kepada orang yang tidak diinginkan.

WABetaInfo, situs yang sering mengungkap fitur baru WhatsApp, menduga fitur Expiring Media merupakan ekstensi dari Expiring Messanges, fitur hapus pesan otomatis di Grup WhatsApp yang sedang dikembangkan Facebook.

Fitur Media Expiring sedang diujicobakan pada sejumlah pengguna WhatsApp Android yang mengikuti Google Play Beta Program. Fitur ini tersedia di WhatsApp Android versi beta 2.20.201.1, seperti dikutip dari Android Authority, Rabu (23/9/2020).

Sebelumnya, WhatsApp juga sedang mengembangkan sejumlah fitur seperti pemindai sidik jari (fingerprint) untuk membuka WhatsApp Web hingga fitur video dan voice call di WhatsApp Web