Ilmuwan NASA Menemukan Air di Area Bulan yang Disinari Matahari

Badan antariksa AS, NASA, melaporkan pada hari Senin telah mengkonfirmasi bahwa air dapat ditemukan di daerah yang diterangi matahari di bulan, menunjukkan bahwa air mungkin jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya.

NASA mengatakan telah mengkonfirmasi penemuan itu menggunakan Observatorium Stratosfer untuk Astronomi Inframerah (SOFIA), sebuah laboratorium terbang di atas pesawat 747 yang dimodifikasi khusus. Sebelumnya diyakini bahwa molekul air hanya dapat ditemukan di daerah dingin dan gelap di permukaan bulan.

Hasil kajiannya juga dimuat dalam Nature Astronomy edisi terbaru.

Lebih kering dari Sahara

NASA mengatakan SOFIA mendeteksi molekul air di Clavius ​​- salah satu kawah terbesar yang terlihat dari Bumi – di belahan selatan bulan. Data tersebut menunjukkan keberadaan air dalam konsentrasi 100 hingga 412 bagian per juta – kira-kira setara dengan sebotol air 12 ons – yang terperangkap dalam satu meter kubik tanah yang tersebar di permukaan bulan.

NASA mengatakan sebagai perbandingan, Gurun Sahara memiliki 100 kali jumlah air yang dideteksi SOFIA di tanah bulan. Namun terlepas dari seberapa kecil jumlahnya, penemuan tersebut menimbulkan pertanyaan baru tentang bagaimana air dibuat dan bagaimana ia bertahan di permukaan bulan yang keras dan tidak berudara.

Ilmuwan NASA mengatakan temuan baru-baru ini mendorong rencana badan tersebut untuk membangun keberadaan manusia yang berkelanjutan di bulan pada akhir dekade ini. Masih harus ditentukan apakah air SOFIA yang ditemukan mudah diakses untuk digunakan sebagai sumber daya.

Saat orang pertama kali mendarat di bulan pada tahun 1969, bulan diyakini benar-benar kering. Tetapi pengamatan dari Bumi dan pesawat ruang angkasa sejak itu telah mengungkapkan bukti adanya es dan hidrasi di berbagai wilayah. Tetapi sebelumnya, para ilmuwan tidak dapat membedakan dalam bentuk apa air itu ada.

Penerbangan SOFIA mendatang akan mencari air di lokasi tambahan yang diterangi matahari dan selama fase bulan yang berbeda untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana air diproduksi, disimpan, dan dipindahkan melintasi bulan. Data tersebut akan menambah pekerjaan misi bulan di masa depan untuk membuat peta sumber daya air bulan pertama untuk eksplorasi ruang angkasa manusia di masa depan.